Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Sidang Paripurna Penetapan Raperda Penyertaan Modal untuk BUMD di Grobogan Berlangsung Alot



Reporter:    /  @ 13:59:08  /  21 November 2016

    Print       Email
Sebagian anggota dewan beranjak dari kursi untuk saat sidang paripurna dinyatakan diskors, Senin (21/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sebagian anggota dewan beranjak dari kursi untuk saat sidang paripurna dinyatakan diskors, Senin (21/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan-Rencana Pemkab Grobogan untuk menyertakan modal pada sejumlah BUMD akhirnya mendapat persetujuan anggota dewan setempat dalam Sidang Paripurna DPRD Grobogan, Senin (21/11/2016). Meski demikian, persetujuan penyertaan modal itu tidak bisa berlangsung mulus.

Sebab, jalannya sidang paripurna sempat diwarnai interupsi dari beberapa anggota dewan. Hal ini, terjadi lantaran masih ada satu fraksi, yakni PKB yang tidak menyetujui penyertaan modal salah satu BUMD. Yaitu, penyertaan modal untuk BUMD Purwa Aksara.

Sesuai penjelasan dari Pansus VI yang disampaikan anggotanya M Fatah, ada enam BUMD yang akan mendapat penyertaan modal melalui APBD 2017. Yakni, PD BPR BKK Purwodadi sebesar Rp 5 miliar, dan PD Purwa Artha Rp 2,5 miliar.

Kemudian, PDAM Grobogan dapat Rp 8 miliar, Bank Jateng Rp 23,7 miliar, PT Jamkrida Jateng Rp 200 juta, dan PD Purwa Aksara Rp 500 juta.

Dalam laporan pansus, dari 8 fraksi yang, ada  7 fraksi yang memberikan persetujuan untuk penyertaan modal bagi 6 BUMD tersebut. Sedangkan, fraksi PKB hanya memberikan persetujuan penyertaan modal bagi lima BUMD.

“Fraksi PKB tidak menerima dan tidak menyetujui penyertaan modal untuk BUMD Purwa Aksara. Sebab, Purwa Aksara dinilai telah membuat kesalahan pada penyertaan modal tahun 2016 lalu. Fraksi PKB meminta agar penyertaan modal ditanggungkan lebih dahulu agar perusahaan itu memperbaiki dulu manajemen perusahaan,” kata Fatah dalam laporannya.

Akibat adanya satu fraksi yang tidak setuju, sidang yang dipimpin Ketua DPRD Grobogan Agus Siwanto akhirnya diskors. Para pimpinan dewan beserta ketua fraksi kemudian menggelar rapat sendiri di ruang rapat Paripurna II.

Rapat ini juga diikuti Kabag Perekonomian Anang Armunanto, serta mantan Direktur Purwa Aksara Bambang Pulunggono yang sekarang jadi Direktur PDAM Grobogan.Rapat ini berlangsung tertutup dan kabarnya berjalan cukup alot.

Setelah berlangsung hampir satu jam lamanya rapat ini akhirnya selesai dan sidang paripurna dilanjutkan lagi. Dalam sidang lanjutan ini, Agus Siswanto selaku pimpinan sidang menyatakan jika fraksi PKB akhirnya bisa menyetujui penyertaan modal buat BUMD Purwa Aksara.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengucapkan terima kasih atas persetujuan penyertaan modal bagi BUMD tersebut meski sempat diwarnai skorsing. Menurutnya, penyertaan modal itu diperlukan untuk meningkatkan kinerja BUMD agar lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

“Khusus untuk BUMD Purwa Aksara memang butuh suntikan modal. Yakni, untuk mengganti peralatan kerja yang sudah cukup tua usianya,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →