Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kampung Pecinan di Kudus Berpotensi jadi Objek Wisata



   /  @ 12:01:22  /  21 November 2016

    Print       Email
Pekerja menyelesaikan pengerjaan pembangunan gerbang desa wisata di salah satu sudut di Kabupaten Kudus, akhir pekan lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pekerja menyelesaikan pengerjaan pembangunan gerbang desa wisata di salah satu sudut di Kabupaten Kudus, akhir pekan lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Upaya Pemkab Kudus untuk meningkatkan jumlah desa wisata dengan kekhasannya, maka ada empat desa wisata dibuatkan gerbang khusus sebagai penanda keunikan. Dana yang dialokasikan tiap gerbang desa Rp 350 juta yang bersumber dari APBD Perubahan 2016.

Merespons upaya bijak ini, Moh Rosyid peminat kajian sejarah dari STAIN Kudus urun rembuk. Menurutnya, perlu pula diagendakan kampung pecinan khas Kudus yang hingga kini belum mendapat perhatian ekstra. Corak kampung  Tionghoa di Kudus dalam pengamatannya, memiliki ikatan kental dengan bangunan ibadah (kelenteng), bangunan hunian (ruko, rumah hunian, rumah kampung), dan arsitektur khas China.

“Di sisi lain, karena berkembangnya jumlah penghuni rumah karena proses perkawinan, sebagian etnis Tionghoa di Kudus bertempat tinggal mandiri dari keluarga utamanya di beberapa perumahan di Kudus,” katanya.

Dengan tiga kelenteng, Kudus memiliki destinasi wisata religi yang perlu mendapatkan perhatian ekstra agar mampu menjadi daya magnit wisatawan domestik maupun mancanegara. “Dengan kata lain, ada ragam area wisata khas ¬†Kudus lainnya” tandas pegiat Komunitas Lintas Agama dan Kepercayaan Pantura (Tal Akrap) ini.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →