Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini Sebabnya, Sosialisasi Manfaat Dana Cukai Harus Terus Digencarkan



Reporter:    /  @ 10:45:47  /  21 November 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Kudus – Ada alasan kenapa sosialiasasi manfaat dari penerimaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, harus terus digencarkan.

Salah satunya karena masih ada sebagian warga di Kudus ini, yang ternyata belum mengetahui manfaat dana tersebut secara pasti. Mereka ada juga yang kurang memahami bagaimana pentingnya penerimaan dana cukai bagi Kabupaten Kudus.

”Saya kok, kurang tahu ya, apa itu cukai. Mungkin yang berkaitan dengan rokok. Kalau dana cukai juga kurang tahu,” kata Indah, salah satu warga Kecamatan Kota, saat ditanya apa itu cukai.

Menurut Indah, sepanjang pengetahuannya, dana cukai adalah dana yang diberikan kepada warga miskin yang ada di Kabupaten Kudus. Supaya mereka bisa meningkat kesejahteraannya.

”Katanya yang diberikan lewat BLK (Balai Latihan Kerja, red) itu, kan. Kalau di sana katanya ada pelatihan-pelatihan. Supaya warga bisa mendapatkan berbagai macam ketrampilan,” tuturnya.

Kekurangpahaman Indah akan cukai atau dana cukai itu sendiri, menjadi salah satu faktor kenapa sosialisasi harus digencarkan. Apalagi, manfaat dana cukai itu memang sangat bagus.

”Ini menjadi salah satu tugas dari kami, untuk bisa memberikan pengertian kepada masyarakat luas, bagaimana pentingnya dana cukai itu untuk kesejahteraan mereka,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Kudus Putut ”Win” Winarno.

Sosialisasi ini juga dilakukan, sebagai bagian dari melaksanakan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.07/2016 tentang Penggunaan, Pemanfaatan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dan Peraturan Bupati Kudus Nomor 32 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Kabupaten Kudus.

”Sejauh ini, sudah banyak warga yang ikut serta dalam berbagai program yang dibuat berdasarkan alokasi anggaran dana cukai ini. Misalnya saja di BLK tadi. Di sana, aneka macam ketrampilan juga diberikan, sehingga diharapkan warga bisa memiliki ketrampilan tersendiri, dan bisa semakin sejahtera,” kata Win.

Itu sebabnya, Win menambahkan bahwa sudah seharusnya warga Kudus bisa memahami dan menerima manfaat dari dana cukai. Karena memang banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari dana cukai ini.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →