Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jumlah Peserta Meningkat, Festival Teater Pelajar 2016 Lebih Meriah



Reporter:    /  @ 16:30:02  /  20 November 2016

    Print       Email
kudus-teater-e

Juri Festival Teater Pelajar (FTP) 2016, di mana salah satunya adalah Sha Ine Febriyanti, hadir dalam jumpa pers untuk menjelaskan mengenai pelaksanaan kegiatan tahun ini. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kegiatan Festival Teater Pelajar 2016 kali ini, berlangsung dengan meriah. Kemeriahan terlihat dari jumlah pesertanya yang lebih banyak. Selain itu, juga dari tata panggung dan juga lampunya.

Oeu Riwayat Slamet, koordinator Teater Djarum mengatakan, FTP merupakan program rutin tahunan. Pada tahun ini kegiatan dilaksanakan di GOR Kaliputu Kudua, pada 19 dan juga 20 November. Kali ini kegiatan festival sudah diselenggarakan kali ke sembilan. Dan perkembangan mengarah positif.

”Menyaksikan penampilan teater pelajar adalah menyaksikan anak-anak bangsa mengolah dan menunjukkan kreativitas di atas panggung. Kualitas tiap peserta tiap tahunnya juga meningkat,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Pada FTP tahun ini, terkumpul peserta sejumlah 11 peserta dari tingkatan SMP sederajat. Dan untuk SMA sederajat sejumlah 26 sekolah. ”Jumlah tersebut lebih besar ketimbang jumlah tahun sebelumnya, di mana untuk SMP sejumlah lima kelompok, dan SMA sejumlah 23 kelompok,” jelasnya.

Adi Ardiyansyah, panitia kegiatan mengatakan, kalau secara kualitas FTP tahun ini juga menunjukkan peningkatan. ”Selain jumlah peserta, secara kualitas pementasan juga menujukkan peningkatan,” katanya.

Dia mengatakan, pementasan peserta dilakukan dua tahapan. Pada tahap awal yakni penyisihan peserta, dilakukan pementasan di sekolah masing-masing. Barulah pada babak selanjutnya dilakukan pementasan lagi di babak selanjutnya di GOR Kaliputu.

Pada babak seleksi, sudah berlangsung pada 31 Oktober hingga sembilan November 2016. Tim juri seleksi di antaranya Jumari HS, Warih Bayu Wicaksana, M Zaini, Asa Jatmiko, Agus Syarofuddin, dan lain sebagainya.

Sedangkan juri tingkat nasional yang diundang adalah Sha Ine Febriyanti. Menurutnya, FTP adalah ajang yang luar biasa. Dibutuhkan ketekunan dan sarana, agar mereka yang suka teater, akan bisa terwadahi dalam satu ajang yang berkualitas.

Kegiatan ini, juga dapat dimanfaatkan sebagai penimba ilmu dan stimulasi bagi peserta dalam hal teater. ”Selain mendapatkan pemahaman dan peran, para peserta juga memiliki kesempatan mempelajari penataan panggung, lampu, dan hand properti. Selain itu pelajaran tentang tata rias juga akan didapatkan beserta dengan musik,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →