Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pembangunan Pabrik Semen Grobogan Bakal Dimulai Akhir Bulan Ini



Reporter:    /  @ 19:00:09  /  19 November 2016

    Print       Email
Inilah lahan di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo yang rencananya akan didirikan pabrik milik PT Semen Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Inilah lahan di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo yang rencananya akan didirikan pabrik milik PT Semen Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Upaya PT Semen Grobogan (SG) untuk mendirikan sebuah pabrik di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tangggungharjo terus dipersiapkan. Jika tidak ada kendala, proses peletakan batu pertama pembangunan pabrik bakal dilakukan akhir bulan November ini.

“Persiapan peletakan batu pertama pembangunan pabrik sudah memasuki tahap akhir. Mudah-mudahan, akhir bulan ini sudah kita mulai. Untuk waktu pastinya nanti akan kita kabari lebih lanjut. Yang pasti, tahun ini, pendirian pabrik harus kita lakukan,” kata General Manajer PT Semen Grobogan Toni Santoso.

Menurut Toni, saat ini, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait. Rencananya, pihaknya akan menghadirkan Gubernur Jawa Tengah untuk peletakan batu pertama nanti.

Dari informasi yang didapat, rencana pendirian pabrik SG itu sudah dimulai cukup lama. Yakni, diawali dengan serangkaian penelitian lapangan di kawasan tersebut sejak tahun 1992 lalu.

Setelah itu dilanjutkan, dengan proses pembelian lahan warga dan pengurusan perizinan yang butuh waktu selama beberapa tahun. Meski akhirnya bisa mengantongi izin, namun realisasi pembangunan pabrik belum kunjung dilaksanakan.

Pabrik semen tersebut memiliki beberapa blok penambangan batu gamping Maskumambang seluas 41.36 hektare, Blok Watudukun dengan luas 199.30 hektare, dan Blok Candrageni seluas 650 hektare. Sedangkan lokasi yang digunakan untuk pabrik luasnya sekitar 54 hektare.

“Kami terpaksa menunda pembangunan pabrik karena terhantam krisis moneter tahun 1997 lalu. Kalau tidak ada krisis barangkali pabrik semen sudah berdiri dan beroperasi. Karena tertunda cukup lama, kami akhirnya harus mengurus proses perizinan lagi dan baru clear tahun ini,” sambung Toni.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Grobogan HM Nurwibowo meminta agar pihak SG serius dalam mendirikan pabrik tersebut. Sebab, masyarakat sekitar sudah meminta kepastian dari manajemen pabrik. Sebab, warga sudah menunggu puluhan tahun sejak tanahnya dibeli untuk dieksplorasi maupun dijadikan lokasi pabrik.

“Rencana pendirian pabrik semen ini sudah dimulai sekitar 25 tahun lalu. Kami berharap PT SG benar-benar merealisasikan pendirian pabrik ini. Kalau pabrik ini jadi berdiri, maka ribuan warga sekitar bisa terserap jadi tenaga kerjanya,” kata wakil rakyat yang kebetulan tinggalnya di desa yang akan didirikan lokasi pabrik semen itu.

Dia mengingatkan, agar pembangunan pabrik tidak boleh melebihi tahun ini. Hal ini disebabkan adanya klausul dalam izin terkait lingkungan yang dikeluarkan Bupati Grobogan untuk penambangan bahan batu semen di wilayah Kecamatan Karangrayung.

“Dalam klausul disebutkan kalau pembangunan pabrik harus dilakukan tahun ini. Makanya, kalau sampai tahun ini tidak dibangun maka izin yang dikeluarkan batal demi hukum. Jadi, hal ini harap diperhatikan,” tegasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →