Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan Bagi Pelajar



Reporter:    /  @ 12:00:21  /  18 November 2016

    Print       Email
Anggota MPR RI dari Fraksi PPP Dapil Jateng III asal Rembang M.Arwani Thomafi. Menurutnya, pemahaman empat pilar kebangsaan penting bagi pelajar. (MuriaNewsCom)

Anggota MPR RI dari Fraksi PPP Dapil Jateng III asal Rembang M.Arwani Thomafi. Menurutnya, pemahaman empat pilar kebangsaan penting bagi pelajar. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom,Rembang-Kuatnya arus modernisasi saat ini, membuat pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan perlu untuk digalakan. Pasalnya, penerapan empat pilar kebangsaan belum sepenuhnya diterapkan dalam kehidupan, terutama di kalangan pelajar.

Anggota MPR RI dari Fraksi PPP Dapil Jateng III asal Rembang M.Arwani Thomafi mengatakan, penerapan empat pilar kebangsaan merupakan hal yang paling penting dalam membentuk karakter bangsa sebagai modal dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

“Pemahaman empat pilar kebangsaan kepada pelajar, pemuda atau santri itu sangat penting. Sebab hal ini bisa menjadikan generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan Indonesia di masa depan,” ujarnya saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di SMK Avicena Lasem Rembang beberapa waktu lalu.

Katanya, masing-masing komponen dalam empat pilar tersebut memiliki kedudukan yang utama sebagai pedoman dan pegangan dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah kehidupan berbangsa. UUD 45 merupakan norma dasar yang menjadi pedoman dalam pemerintahan,  NKRI merupakan pilihan yang harus dipertahankan. Sedangkan Bhineka Tunggal Ika menjadi acauan dalam menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa yang beragam dan tersebar dari Sabang sampai Merauke,” paparnya.

Menurutnya, generasi muda juga memiliki peran strategis dalam memajukan bangsa. Sebab, generasi mudalah yang akan mewarisi Negara dan berkewajiban terus menjaga NKRI yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendiri bangsa.

Dia menambahkan, di era globalisasi ini, banyak sekali  nilai-nilai dari luar sangat bebas masuk ke dalam negeri melalui kemajuan teknologi dan informasi. “Oleh sebab itu, sebagai benteng sekaligus filter tidak lain adalah nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan harus diterapkan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →