Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Pencari Kayu Bakar jadi Mata-Mata Pencurian Jati di Hutan Blora



   /  @ 18:00:59  /  17 November 2016

    Print       Email

 

kayu

Petugas Perhutani dan Sat Dalmas Polres Blora mengamankan lokasi pencurian kayu jati di hutan yang masuk wilayah KPH Mantingan, Kamis. (PolresBlora)

MuriaNewsCom, Blora – Pencurian kayu jati kembali dilakukan beberapa orang yang terjadi di hutan Blora, Kamis (17/11/2016). Lokasi pencurian di hutan petak 70 RPH Sangkrah, BPKH Kalinanas, Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Mantingan, Blora.

Informasi dari sumber Mantri Perhutani Suroto, pencurian terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, dengan pelaku cukup banyak. Para pelaku menutup wajahnya dengan penutup kepala. Mendengar adanya informasi tersebut personel Sat Dalmas yang sedang melaksanakan tugas pengamanan dan patroli hutan bersama dengan para petugas Polisi Hutan langsung mendatangai lokasi pencurian kayu jati tersebut.

Dikutip Polres Blora, kedatangan para petugas Sat Dalmas dan PolHut tersebut ternyata kalah cepat dengn para pelaku pecuri kayu jati. Mereka sudah mengetahui akan kedatangan para petugas gabungan lewat para canguk (mata-mata) yang berpura-pura sedang mencari kayu bakar di kawasan hutan.

Para pelaku pencurian itu pun berhasil melarikan diri dengan meninggalkan barang bukti kayu hasil tebangan. Para petugas yang sampai ke lokasi langsung mengamankan kayu hasil tebangan itu untuk diamankan ke Kantor perhutani BKPH Kalinanas, Mantingan.

Para pelaku tersebut masih dalam penyelidikan oleh para petugas. Tersangka yang terbukti melanggar Pasal 82 Ayat (1) huruf “b”, “c” dan Ayat (2), UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan Junto Pasal 55 (1) 1e KUHP yang berisi melakukan penebangan pohon dalam kawasan Hutan tanpa memiliki ijin yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang/tidak sah.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →