Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Polres Pati Gelar Operasi Zebra Hingga 2 Pekan ke Depan



Reporter:    /  @ 18:00:12  /  17 November 2016

    Print       Email
 Operasi Zebra yang dilakukan Satlantas Polres Pati di kawasan Pasar Buah, Puri, Pati. Kamis (17/11/2016).(MuriaNewsCom/Lismanto)

Operasi Zebra yang dilakukan Satlantas Polres Pati di kawasan Pasar Buah, Puri, Pati. Kamis (17/11/2016).(MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Jajaran Polres Pati menggelar Operasi Zebra yang akan berlangsung dua pekan mendatang. Operasi Zebra dilakukan agar pengendara kendaraan bermotor bisa tertib berlalu lintas.

“Tertib berlalu lintas sangat diperlukan untuk menciptakan kondisi jalan yang aman dan kondusif. Operasi Zebra pada akhirnya menjadi upaya bagi aparat untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Kalau pengendara tertib, angka kecelakaan pasti bisa ditekan,” kata Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo, Kamis (17/11/2016).

Menurutnya, permasalahan lalu lintas tidak bisa diatasi hanya dengan berdiam diri, tetapi harus bertindak dan melakukan berbagai upaya. Karena itu, Operasi Zebra membutuhkan sinergitas antarpemangku kepentingan supaya berjalan baik dalam rangka mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Pati.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2016, ada sejumlah pelanggaran yang menjadi bidikan polisi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Salah satunya, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan, dan pengendara yang melawan arus lalu lintas, khususnya kendaraan bermotor.

“Ada tiga prioritas yang menjadi sasaran utama kami dalam Operasi Zebra. Tiga prioritas itu yang seringkali menyebabkan kecelakaan, yaitu pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan dan melawan arus,” imbuh Kompol Sundoyo.

Dengan upaya penegakan hukum tersebut, Operasi Zebra diharapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada polisi.

Karenanya, dia mengimbau kepada warga untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, membawa surat-surat kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK, serta peranti keselamatan seperti helm. Jika tidak, pengendara akan dijaring dalam Operasi Zebra dan akan dikenakan sanksi yang tegas.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →