Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

BMPPT Jepara Tumbuhkan Kesadaran Warga untuk Urus Izin Tanpa Calo



Reporter:    /  @ 11:37:01  /  17 November 2016

    Print       Email
Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi menerima investor yang hendak menanamkan inveastasinya di Jepara, beberapa waktu lalu. Pada empat tahun terakhir, investasi di Jepara memang berjalan dinamis. (MuriaNewsCom)

Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi menerima investor yang hendak menanamkan inveastasinya di Jepara, beberapa waktu lalu. Pada empat tahun terakhir, investasi di Jepara memang berjalan dinamis. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Pencapaian investasi yang bagus selama empat tahun terakhir di Kabupaten Jepara, memang hasil dari kerja keras semua pihak. Saat ini, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Jepara memiliki tugas lain yang juga penting dilakukan.

Kepala BPMPPT Jepara Diyar Susanto mengatakan, secara bertahap dan berkesinambungan, pihaknya diharapkan bisa mencapai sebuah kondisi yang bagus untuk urusan pelayanan perizinan.

”Yakni kami ingin kesadaran masyarakat itu bisa tumbuh, pentingnya perizinan sebelum memulai kegiatan usaha. Dengan demikian, diharapkan realisasi perizinan setiap tahun dapat meningkat, serta mampu merangsang majunya dunia usaha di Jepara,” tuturnya.

Diyar mengatakan, satu hal lagi yang juga penting adalah bagaimana memberikan motivasi dan kesadaran kepada masyarakat, untuk mengurus izin usaha mereka secara mandiri.

”Kami ingin masyarakat yang mengurus izin, bisa datang sendiri ke kantor, dan tidak lagi melalui perantara atau calo. Itu yang ingin kami tingkatkan. Yakni masyarakat sadar untuk mengurus izin usaha sendiri,” tegasnya.

Lantas, BPMPPT Jepara juga ingin supaya ada sistem informasi manajemen perizinan semakin baik dan meningkat dari waktu ke waktu.  Sehingga dapat lebih mendukung kemudahan dalam hal perizinan.

Langkah selanjutnya adalah, kualitas SDM di bidang pelayanan perizinan juga semakin meningkat. ”Dengan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), diharapkan selalu meningkat perbaikan serta kemudahan prosedur dalam pelayanan perizinan,” katanya.

Capaian kinerja atau progres dari BPMPPT memang tidak terlepas dari rencana strategis (renstra) yang telah disusun dari tahun 2012-2017. Renstra SKPD ini sebagai pedoman untuk menentukan arah serta tujuan SKPD, dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik.

Visi yang menjadi panduan BPMPPT adalah ”Terciptanya Pelayanan Penanaman Modal yang Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Daerah”. Sehingga disusun lima misi untuk itu, yakni melaksanakan promosi dan pembinaan penanaman modal, meningkatkan profesionalisme pelayanan perizinan penanaman modal, mewujudkan sistem informasi pelayanan perizinan penanaman modal, melaksanakan fasilitasi dan kerja sama dalam rangka penanaman modal, dan meningkatkan kualitas SDM guna terciptanya aparatur yang professional.

”Untuk mendukung kemajuan daerah, termasuk di bidang pembangunan ekonomi, maka peran investasi atau penanaman modal di daerah mempunyai peran yang sangat penting dan strategis. Sehingga kami fokus untuk bisa meningkatkan pelayanan perizinan, sehingga semua akan berjalan baik,” imbuhnya.

Editor: Merie

 

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →