Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Cara Unik Jepara Wujudkan Kedamaian Kota



   /  @ 17:30:12  /  16 November 2016

    Print       Email
Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin bersama tokoh agama, Forkopinda setempat, berfoto bersama di mapolres setempat, Rabu. (Tribratanewsjepara)

Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin bersama tokoh agama, Forkopinda setempat, berfoto bersama di mapolres setempat, Rabu. (Tribratanewsjepara)

MuriaNewsCom, Jepara – Kepolisian Resor Jepara bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) menggelar Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai yang diikuti oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas dan tokoh lintas agama, Rabu (16/11/2016).

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin, dengan tema Melalui Hikmah Hari Pahlawan Ke-71 Tahun 2016 Kita Tingkatkan Kesadaran Dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan Dan Kesatuan NKRI Yang Kokoh”.

Samsu menjelaskan bahwa apel besar kebhinekaan ini diselenggaran di seluruh Indonesia sebagai bentuk respons terhadap perkembangan situasi strategis pada tatanan kehidupan regional, nasional dan global yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban.

Pembacaan deklarasi bersama untuk memelihara kebhinekaan cinta damai diikuti seluruh peserta apel besar yang melibatkan jajaran Forkopinda Jepara, pimpinan satuan TNI, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua Nahdlatul Ulama, Pimpinan Muhammadiyah dan seluruh ketua organisasi keagamaan di Kabupaten Jepara.

“Masyarakat harus melihat perbedaan itu sebagai sebuah kekuatan, bukan sebagai ancaman atau gangguan. Semua budaya, agama dan suku yang ada tetap pada bentuknya masing-masing, yang mempersatukan adalah rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia yang memiliki budaya dan adat istiadat. Dalam kondisi yang berbeda-beda justru kebudayaan Nusantaralah yang bisa menyatukan Bangsa” tutur Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jepara Ichwan Sudrajat dikutip Tribratanewsjepara.

Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin mengatakan, apel tresebut dinilai sangat penting karena juga ajang bertemunya para tokoh yang dianggap mampu menenangkan keadaan saat terjadi gejolak di tengah masyarakat. Pihaknya terus berusaha menjaga keamanan dan kenyamanan di Kabupaten Jepara agar tidak sampai gejolak seperti yang terjadi di Jakarta dan wilayah lainnya.

“Kondisi di Kabupaten Jepara sejauh ini kondusif, bahkan belum ditemukan adanya kerawanan dan potensi konflik. Namun, Polres Jepara akan melakukan patroli dan melakukan dialog dengan para tokoh untuk menjaga suasana tetap kondusif. Di sisi lain kita pun juga bersama – sama akan mengamankan pemilihan daerah di Kabupaten Jepara, agar tahapan Pilkada dapat berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan kita,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →