Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
KAPAN REMBANG BEBAS BUTA AKSARA?

Ini Jumlah yang Ditargetkan Pemkab Rembang untuk Pengurangan Buta Aksara



Reporter:    /  @ 20:03:34  /  16 November 2016

    Print       Email
 Kegiatan belajar di salah satu PKBM yang ada Kecamatan Gunem beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Kegiatan belajar di salah satu PKBM yang ada Kecamatan Gunem beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Hingga November 2016 ini, jumlah angka buta aksara di Kabupaten Rembang masih terhitung cukup tinggi. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, jumlahnya mencapai 14.789 orang.

Kasi Kesetaraan Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Rembang Agus Sugiyanto mengatakan,untuk pengurangan angka buta aksara di Kabupaten Rembang, pemkab menyesuaikan dengan jumlah pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang ada di setiap kecamatan.

“Dari 14 kecamatan yang ada di Rembang, kita memiliki 70 PKBM. Per kecamatannya, ada 5 PKBM, dan rata-rata, jumlah warga belajarnya ada 10 orang. Karena, untuk memaksimalkan pembelajaran, maksimal peserta 10 orang,” ujarnya.

Dengan jumlah PKBM yang ada tersebut, pengurangan jumlah angka buta aksara sekitar 400-500 orang per tahunnya. Hal itu, juga disesuaikan dengan bantuan hibah dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Selain itu, upaya lain untuk mengurangi angka buta aksara di Kabupaten Rembang, pihaknya juga berupaya meningkatkan budaya literasi, dengan menggandeng pihak desa, komunitas peduli remaja atau pihak-pihak yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Rembang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →