Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
INFO DPRD KABUPATEN KUDUS

DPRD Kudus Kritisi Soal Antisipasi Banjir



Reporter:    /  @ 17:00:21  /  16 November 2016

    Print       Email
Salah satu sudut di Kabupaten Kudus yang terendam banjir, beberapa hari lalu. (MuriaNewsCom)

Salah satu sudut di Kabupaten Kudus yang terendam banjir, beberapa hari lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Anggota DPRD Kudus yang juga Sekretaris Komisi B Aris Suliyono mengatakan, pemkab tidak bisa berbuat terlalu banyak untuk antisipasi banjir di sejumlah titik. Sebab, kawasan yang banyak potensi banjir, menjadi wewenang dari Pengelolaan sumber daya air (PSDA) provinsi.

Satu dari lokasi yang mengancam adanya potensi banjir menimpa tanggul kanan Sungai Gelis Dukuh Goleng, Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati. Tanggul di sana bocor karena digerogoti tikus. Akibatnya mengancam ribuan permukiman dan  sawah.

“Hal semacam ini sudah dapat dideteksi semenjak jauh hari. Jadi harusnya dapat diatasi sejak awal supaya hal semacam ini tidak terjadi,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Penanganan dini juga diharapkan tidak hanya dilakukan untuk satu titik saja. Sebab di Kudus banyak tanggul yang berpotensi menjadi limpasan air, sehingga harapannya untuk pembenahan juga dilakukan secara rutin dan teratur.

Selain itu, dia juga meminta SKPD terkait dapat lebih merutinkan komunikasi dengan PSDA. Dengan demikian maka akan timbul kerja sama yang baik antara Pemkab Kudus dengan PSDA selaku instansi yang menanganinya.

“Kewenangan ada di mereka, bukan di kami dan Pemkab Kudus. Jadi bisanya hanya melakukan komunikasi dan membantu saja,” ujarnya.

Lain halnya jika itu kewenangan pemkab, lanjutnya. Pemkab akan mampu mengalokasikan dana untuk penanganan tanggul serta lokasi lainnya yang berpotensi meresahkan masyarakat.

Dia mencontohkan, jika dianggarkan maka dikhawatirkan akan ada sejumlah pihak yang protes. Selain itu juga tanahnya adalah kewenangan PSDA. Hanya jika diperbolehkan maka pembangunan akan diprioritaskan.

“Buktinya untuk Jalan dan juga jembatan juga sudah bagus. Karena dalam aturan memang diperbolehkan demikian,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →