Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Standar Pelayanan Minimal Buat Pelayanan Investasi di Jepara Memuaskan



Reporter:    /  @ 10:00:24  /  16 November 2016

    Print       Email
Bupati Jepara (non-aktif) Ahmad Marzuqi meninjau salah satu perusahaan yang menanamkan investasinya di wilayah itu, sebagai bagian dari pembangunan bidang ekonomi, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

Bupati Jepara (non-aktif) Ahmad Marzuqi meninjau salah satu perusahaan yang menanamkan investasinya di wilayah itu, sebagai bagian dari pembangunan bidang ekonomi, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Untuk mendukung kemajuan daerah, termasuk di bidang pembangunan ekonomi, peran investasi atau penanaman modal di daerah, memiliki peran yang sangat penting dan strategis.

APBD yang ada di sebuah daerah, tentunya terbatas untuk bisa digunakan membangun kemajuan sebuah wilayah itu sendiri. Karenanya, mutlak diperlukan keterlibatan dan partisipasi pihak swasta untuk mendorong kemajuan daerah.

”Yakni dilaksanakan melalui kegiatan investasi atau penanaman modal. Sehingga akan sangat membantu sebuah daerah untuk maju di bidang pembangunan ekonominya,” kata Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BMPPT) Jepara Diyar Susanto.

BMPPT menyadari bahwa tugas penting ada di pundak mereka. Dengan visi ”Terciptanya Pelayanan Penanaman Modal yang Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Daerah”, sejumlah hal sudah dilakukan BMPPT guna mewujudkannya.

Misi yang diusung BMPPT sendiri sudah jelas. Menurut Diyar, misi itu diterjemahkan ke dalam lima hal. Yakni melaksanakan promosi dan pembinaan penanaman modal, meningkatkan profesionalisme pelayanan perizinan penanaman modal, mewujudkan sistem informasi pelayanan perizinan penanaman modal, melaksanakan fasilitasi dan kerja sama dalam rangka penanaman modal, dan meningkatkan kualitas SDM guna terciptanya aparatur yang profesional.

”Kami mengacu kepada standar pelayanan minimal yang telah kita tetapkan. Pelayanan yang dilakukan, harus dalam kerangka menuju kepuasan masyarakat,” katanya.

Sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memiliki kewenangan di bidang pelayanan publik, BPMPPT memang menerapkan sejumlah hal, agar pelayanan bidang investasi memuaskan para penanam modal.

Pelayanan itu adalah dengan menerapkan pola pelayanan One Stop service (OSS) atau Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, dalam melayani perizinan. Kemudian melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang jenis-jenis perizinan, prosedur, persyaratan, dan retribusi perizinan. Sosialisasi dilakukan lewat kegiatan sosialisasi tatap muka, lewat media cetak maupun elektronik.

BMPPT juga melaksanakan monitoring perizinan kepada perusahaan, baik perusahaan asing atau perusahaan dalam negeri.  Lantas mengkoordinasaikan penyelenggaraan perizinan dengan dinas terkait (tim teknis, red) untuk mempercepat proses pelayanan perizinan.

Di bidang SDM, BMPPT juga mengikuti diklat atau pelatihan yang diadakan Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, baik tingkat dasar, hingga lanjutan dan sektoral.

”Semuanya kita lakukan, untuk menjaga iklim investasi di Jepara berjalan baik. Semua penanam modal bisa terpuaskan oleh pelayanan kami. Iklim investasi di daerah bisa berjalan dengan baik, apabila didukung dengan berbagai faktor. Di samping memang harus adanya kondusivitas daerah, kepastian hukum, ketersediaan lahan, dan tenaga kerja. Sehingga semua akan berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →