Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
KAPAN REMBANG BEBAS BUTA AKSARA?

Kecamatan Pamotan Tertinggi Jumlah Buta Aksara se-Kabupaten Rembang



Reporter:    /  @ 12:00:17  /  15 November 2016

    Print       Email
Salah satu aktivitas belajar di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Kecamatan Gunem beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Salah satu aktivitas belajar di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Kecamatan Gunem beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Terkait masih banyaknya warga Rembang yang belum melek huruf, salah satu penyebabnya disebut-sebut adalah keengganan warga untuk belajar secara formal maupun nonformal.

Kasi Kesetaraan Pendidikan Nonformal pada Dinas Pendidikan Rembang Agus Sugiyanto mengatakan, di antara faktor masih banyaknya buta aksara selama ini adalah persoalan klasik. Yakni, warga enggan untuk belajar atau menuntut ilmu dengan baik.

“Kalau masalah ekonomi, menurut saya sih tidak. Sebab saat ini rata-rata warga Rembang itu mampu. Yakni mereka mempunyai kendaraan atau juga hewan ternak. Selain itu, mereka bisa dikatakan mampu untuk menempuh pendidikan,” ujarnya.

Terkait hal itu, pihaknya bakal memaksimalkan fungsi pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dan melibatkan tokoh masyarakat untuk memberikan motivasi kepada warga yang masih buta aksara untuk mengikuti kegiatan belajar.

Kemudian, mengenai jumlah warga di Kabupaten Rembang yang paling banyak terdapat buta aksara berada di Kecamatan Pamotan. Kemudian, paling sedikit terdapat di Kecamatan Rembang. Hal itu berdasarkan data terakhir tahun ini.

“Dari jumlah 14.789 warga yang masih buta aksara di tahun 2016 ini, paling banyak di Kecamatan Pamotan dengan jumlah 2.279 orang, Kragan 1.748 orang, Sedan 1.580 orang, Gunem 1.554 orang, Bulu 1.512 orang, Sluke 1.139, Pancur 957, Lasem 881, Sarang 847, Sulang 689, Sumber 633, Kaliori 428, Sale 398 dan Rembang 144 orang,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →