Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Korsleting AC, Ruang Kelas di SMA 1 Kudus Nyaris Terbakar



Reporter:    /  @ 16:05:32  /  14 November 2016

    Print       Email

kebakaran-1024x634

MuriaNewsCom, Kudus – Kebakaran terjadi di SMA 1 Kudus, Senin (14/11/2016). Kebakaran terjadi diketahui lantaran korsleting pada listrik kelas yang menimpa AC. Akibatnya, api muncul dan nyaris membakar gedung kelas.

Hal itu disampaikan Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kudus Bimo Aryo Tejo. Menurut Bimo, kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 WIB tadi. Kebakaran menimpa sebuah kelas yang terdapat di bagian utara sekolah.

“Gara-gara korsleting, jadi AC kelas terbakar. Api juga sempat menjalar ke beberapa samping sebelah AC di kelas tersebut,” katanya saat dihubungi MuriaNewsCom.

Menurutnya, pihak pemadam sekitar setengah jam baru sampai di lokasi. Itu pun setelah mendapatkan kabar terjadinya kebakaran. Namun, sesampainya petugas di lokasi, api sudah padam.

Pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang terdapat di sekolah. Pihak sekolah memadamkan dengan menggunakan APAR berukuran 3 kilogram dengan jumlah delapan buah.

Dia mengimbau agar APAR dapat disediakan di setiap bangunan apapun. Termasuk juga bangunan sekolah karena itu akan sangat membantu dalam menangani api yang muncul.

“Kalau menunggu pemadam akan memakan waktu lebih banyak, jadi dengan APAR, maka dapat mengendalikan api agar tidak besar bahkan memadamkannya,” imbuhnya.

Sementara, Kepala SMA 1 Kudus Shodiqun mengakui kalau ada sebuah AC yang terbakar. Pemadaman juga menggunakan APAR yang tersedia di sekolah unggulan di Kudus itu.

“Yang terbakar itu kelas 10 IPA 3. Tapi tidak terlalu lama dan api sudah dapat dipadamkan,” jawabnya.

Meski dapat diselesaikan dengan cepat, namun sekolah menanggung kerugian yang cukup banyak sekitar Rp 15 juta. Karena yang terbakar tidak hanya AC saja, melainkan sampai membakar plafon kelas.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →