Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

SMAN 1 Purwodadi Dinobatkan Sebagai Sekolah Rujukan



Reporter:    /  @ 09:18:51  /  14 November 2016

    Print       Email
Kepala SMA 1 Purwodadi Amin Hidayat bersama Finalis Putri Indonesia 2016 perwakilan  Jawa Tengah Disma Ajeng  Rastiti  membacakan buku anak-anak di acara sosilisasi SMA Rujukan, kemarin. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala SMA 1 Purwodadi Amin Hidayat bersama Finalis Putri Indonesia 2016 perwakilan Jawa Tengah Disma Ajeng Rastiti membacakan buku anak-anak di acara sosilisasi SMA Rujukan, kemarin. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Sebuah keberhasilan baru didapat SMAN 1 Purwodadi. Di mana, satu-satunya SMA negeri di kawasan Kota  Purwodadi telah ditunjuk sebagai sekolah rujukan.

Kepala SMAN 1 Purwodadi  Amin Hidayat mengatakan, konsep SMA  rujukan merupakan sekolah yang telah memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Yakni, sudah mampu mengembangkan ekositem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan praktik terbaik dalam meningkatkan mutu berkelanjutan.

“Kita juga melakukan inovasi dan berprestasi baik akademik maupun non akademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak menjadi rujukan sekolah lain,” kata Amin saat menggelar sosialisasi sekolah rujukan di areal car free day (CFD), Minggu (13/11/2016).

Dalam program sekolah rujukan ini, pihaknya melakukan inovasi di lingkungan sekolahnya dengan membuat beberapa program unggulan. Di antaranya, sekolah bela negara dan sekolah hijau (green school).

Program bela negara sudah dilaksanakan dalam dua kali, tahun 2015 dan 2016. Sasarannya adalah seluruh peserta didik baru. “Pogram bela negara sudah kami lakukan dua kali pada tahun ajaran yang berbeda. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan guna menumbuh kembangkan sikap cinta tanah air kepada anak didik,” jelasnya.

Selanjutnya untuk green school diprogramkan guna menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah. Sehingga di kemudian hari mereka dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Sementara itu, acara sosialisasi sekolah rujukan juga dihadiri finalis Pemilihan Putri Indonesia 2016 Disma Ajeng Rastiti. Menurut Disma, program bela negara dan green school dinilai sangat positif. Sebab, bisa memberikan manfaat besar dan nilai positif bagi para siswa.

“Itu program bagus dan saya sangat mendukung. Saya harapkan, apa yang didapat di sekolah nantinya dapat diimplementasikan para siswa di luar sekolah,” kata Disma yang juga tercatat sebagai alumni SMAN 1 Purwodadi itu.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →