Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
PATI HUTAN MINIMARKET

Pengen Buka Alfamart di Pati? Begini Caranya



Reporter:    /  @ 21:00:32  /  12 November 2016

    Print       Email
Dua orang pengunjung tampak santai di depan Alfamart Alun-alun Pati, Sabtu (12/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Dua orang pengunjung tampak santai di depan Alfamart Alun-alun Pati, Sabtu (12/11/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Keberadaan minimarket yang menjamur di Kabupaten Pati memiliki pro dan kontra di kalangan masyarakat. Pihak yang setuju, sebagian besar menilai dari aspek investasi dan parameter maju-tidaknya suatu daerah.

Mereka yang tidak setuju, sebagian besar khawatir bila keberadaannya mengancam pasar tradisional. Sebagian masyarakat ada yang bertanya cara mendirikan minimarket di Pati, termasuk aturannya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, MuriaNewsCom menghubungi Regional Corporate Communication Manager Alfamart Jawa Tengah-DIY, Firly Firlandi, Sabtu (12/11/2016). Dia mengaku, tidak semua orang bisa mendirikan Alfamart karena ada sejumlah hal yang harus diperhatikan.

“Kita kan franchise. Modal yang dimiliki pertama, minimal Rp 450 juta. Itu di luar pembangunan dan properti. Kita tidak asal setujui. Kalau ada yang menyodorkan, usulannya kita hitung dulu. Value business-nya memungkinkan tidak di lokasi yang ditawarkan,” ujar Firly.

Dari sana, pihak Alfamart akan memperhitungkan populasi masyarakat di sana, mulai dari tingkat kepadatan lalu lintas, termasuk peruntukannya untuk usaha sudah sesuai atau belum. “Kita juga harus ngecek dulu ke bagian pemerintahannya, perencanaannya di situ apakah memungkinkan untuk toko modern atau tidak,” imbuhnya.

Bila tidak memenuhi, Firly mengaku tidak menyetujui usulan dari owner untuk mendirikan Alfamart. Aturan itu dijalankan agar keberadaan Alfamart tidak bertentangan dengan peraturan hukum, seperti Peraturan Bupati (Perbup) atau Peraturan Daerah (Perda) setempat.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →