Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Begini Upaya DKK Rembang Tekan Kasus Kematian Ibu dan Bayi



Reporter:    /  @ 19:00:43  /  12 November 2016

    Print       Email
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang Ali Shofi'i (kanan) saat meninjau pembangunan Puskesmas Rembang bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang Ali Shofi’i (kanan) saat meninjau pembangunan Puskesmas Rembang bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Angka kematian ibu dan bayi di Rembang terhitung masih relatif tinggi. Untuk tahun 2016 ini, terhitung hingga September 2016, kasus kematian ibu ada 14 kasus dan 106 untuk angka kematian bayi.

Sebelumnya, angka kematian ibu di tahun 2015 sebanyak 8 kasus. Jumlah tersebut meningkat 6 kasus menjadi di tahun 2016 ini. Sedangkan angka kematian bayi di tahun 2015 ada sebanyak 134 kasus dan di tahun 2016 turun menjadi 106 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang Ali Shofi’i mengatakan, pihaknya akan selalu berupaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi. “”Salah satu upaya yang mendasar untuk menekan angka kematian bayi dan anak yakni dengan cara perbaikan puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka kelas senam ibu hamil. Program ini, katanya, dilaksanakan di setiap puskesmas, sehingga memudahkan ibu hamil untuk bisa mengikutinya. Dengan kelas ini, pihaknya juga memberikan sosialisasi bagaimana menjaga kesehatan dan lainnya saat hamil.

“Pendekatan yang kita pakai memang secara persuasif, kekeluargaan. Kami juga mencoba memaksimalkan fungsi puskesmas dengan baik, yakni dengan melakukan peningkatan kualitas layanan. Bila di puskesmas ada fasilitas yang baik maka penanganan orang bersalin bisa baik pula,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →