Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Firman Soebagyo Resmikan Masjid Al Firman dan TPQ Al Ikhlas di Desa Kedalon Pati



Reporter:    /  @ 12:45:52  /  12 November 2016

    Print       Email
Anggota DPR RI Firman Soebagyo (peci putih) menandatangani prasasti peresmian masjid Al Firman dan TPQ Al Ikhas di Desa Kedalon, Batangan, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Anggota DPR RI Firman Soebagyo (peci putih) menandatangani prasasti peresmian masjid Al Firman dan TPQ Al Ikhas di Desa Kedalon, Batangan, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Umum Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) Firman Soebagyo membangun Masjid Al Firman dan TPQ Al Ikhlas di Desa Kedalon, Kecamatan Batangan, Pati. Masjid dan TPQ tersebut akhirnya diresmikan, Jumat (12/11/2016) sore dengan dihadiri Ketua Dewan Pembina IKKP Haryanto dan Ketua IKKP Bidang Usaha, Saiful Arifin.

Pembangunan masjid diharapkan menjadi bagian dari syiar agama Islam di Desa Kedalon, sedangkan TPQ yang dibangun dengan lima kelas menjadi upaya untuk memudahkan anak-anak desa setempat dalam belajar pendidikan Islam. Dalam jangka panjang, TPQ Al Ikhas diproyeksikan menjadi lembaga pendidikan formal, seperti madrasah.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang lahir di Desa Kedalon ini menceritakan, agama Islam dalam sejarahnya berkembang lamban di desa ini. “Waktu saya masih kecil, belum ada listrik, belum ada aspal jalan, belum ada apa-apa. Minat masyarakat waktu itu untuk salat sangat sulit. Jangankan di musala atau masjid, di rumah saja banyak yang enggan,” kata Firman.

Hingga ada beberapa santri kecil yang menjadi cikal bakal penyebaran agama Islam di Desa Kedalon pada 1930. Firman mengaku, saat itu banyak warga yang enggan beribadah, tetapi rajin kondangan.

Pada 2007, Firman melihat suasana pengajian wisuda anak-anak TPQ di emperan. “Bagaimana anak-anak bisa maju kalau kondisinya seperti ini. Saya berpikir, apakah saya bisa membangunkan TPQ untuk mereka? Tiba-tiba, ada ibu-ibu yang mengamini dan mendoakan. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa membangun masjid dan TPQ,” ungkapnya.

Kades Kedalon, Supriyanto mengaku bangga memiliki warga putra desa yang sukses menjadi anggota DPR RI dan ikut memberikan kontribusi di daerah kelahirannya. Di Desa Kedalon yang dulu minim infrastruktur, saat ini diakui mulai berkembang dengan infrastruktur jalan yang baik.

Selain itu, dunia pertanian di Desa Kedalon juga diakui berkembang cukup pesat karena prioritas bantuan yang diberikan Firman untuk memajukan desa kecil yang membesarkannya. “Saya harap ada Firman-Firman yang lain, menginspirasi pemuda Pati untuk maju dan sukses, kemudian ikut membangun daerahnya,” pungkas Supriyanto.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →