Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Air Sungai Meluap, Sejumlah Rumah di Kecamatan Gabus Pati Terendam Air



Reporter:    /  @ 10:30:44  /  12 November 2016

    Print       Email
Salah seorang warga tengah membersihkan rumah yang terendam luapan air sungai. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Salah seorang warga tengah membersihkan rumah yang terendam luapan air sungai. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Hujan deras yang mengguyur wilayah Pati beberapa jam, Jumat (12/11/2016) malam, membuat sejumlah daerah di Kecamatan Gabus terendam air. Hal itu diakibatkan adanya luapan air sungai yang masuk ke pemukiman.

Informasi yang dihimpun MuriaNewsCom dari Tim Relawan Kabupaten Pati, Sabtu (12/11/2016) pagi, sejumlah daerah yang terkena dampak luapan air sungai, antara lain Desa Penanggungan, Jogan Tambahmulyo, dan Desa Tanjunganom.

Anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Dion menuturkan, kondisi bendungan Jogan Tambahmulyo Gabus meluap pada Sabtu (12/11/2016) dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB.

Warga yang khawatir, bersama dengan sejumlah relawan bersama-sama membuat tanggul buatan darurat dari batang pisang. Namun, tanggul darurat tersebut masih bocor.

“Kami sempat membuat tanggul darurat dari batang pisang untuk membendung luapan air dari sungai agar tidak meluber ke pemukiman warga. Hanya saja, masih ada kebocoran pada tanggul batang pisang yang kita buat. Tapi, setidaknya tanggul batang pisang bisa menghambat air agar tidak terlalu menggelontor ke pemukiman,” kata Dion.

Di Desa Penanggungan, air sungai yang meluap membuat jalan raya Pati-Gabus tergenang air hingga masuk dan menggenangi sejumlah rumah warga. “Dari hasil pemantauan kami bersama RAPI dan PMI, dalam kondisi darurat semacam ini, kita membutuhkan zak untuk membendung debit air yang meluap secara mendadak pada titik-titik tertentu,” imbuh Dion.

Hingga Sabtu (12/11/2016) pagi, satu rumah di Desa Sunggingwarno, Gabus masih terendam banjir. Salah seorang warga mengevakuasi ternak kambing dari kandangnya untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang menimpa kandang ternak.

Baca juga : Hujan Deras, Tanggul Sungai Tanjunganom Pati Jebol

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →