Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ini Agenda Pak Mendagri Selama Sehari di Grobogan



Reporter:    /  @ 20:21:55  /  11 November 2016

    Print       Email
Mendagri Tjahjo Kumolo keluar dari rumah dinas Bupati Sri Sumarni menuju ke Pendapa untuk memberikan pengarahan, Jumat (11/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Mendagri Tjahjo Kumolo keluar dari rumah dinas Bupati Sri Sumarni menuju ke Pendapa untuk memberikan pengarahan, Jumat (11/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terhitung berada di Grobogan selama sehari penuh, pada Jumat (11/11/2016). Yakni, dari pagi dan hingga magrib baru meninggalkan Grobogan.

Agenda utama dalam kunjungannya kali ini adalah memberikan pengarahan pada pejabat dan kepala desa di Pendapa Kabupaten. Namun, sebelum dan selepas acara pengarahan, Tjahjo juga melakukan serangkaian kegiatan.

Pagi harinya, saat memasuki wilayah Grobogan dalam perjalanan darat menggunakan mobil Toyota Alphard berplat nomor RI 21, Tjahjo sempat berhenti di sejumlah kantor kecamatan yang dilalui. Antara lain, Kecamatan Gajah, Mraggen (Demak). Kemudian, Kantor Kecamatan Tegowanu, Gubug, Godong, dan Tegowanu.

“Saya sengaja mampir ke kantor kecamatan untuk melihat kondisinya. Dari kunjungan singkat tadi, saya lihat jumlah pegawai di kecamatan banyak yang kurang ideal karena personelnya terlalu sedikit. Kebanyakan, pegawai dan warga yang ada di kantor kecamatan tadi komplain soal pelayanan KTP, khususnya masalah blangko,” katanya.

Setelah mampir di kantor kecamatan, Tjahjo dan rombongan langsung meluncur ke Purwodadi. Tujuannya ternyata bukan langsung ke pendapa seperti jadwal semula. Tetapi sarapan dulu di Rumah Makan Raharjo di sebelah selatan Jembatan Lusi Purwodadi. Habis sarapan, masih ada jeda waktu sebelum tiba Salat Jumat. Waktu luang dimanfaatkan Tjahjo untuk berkunjung ke Desa Putatsari, Kecamatan Grobogan.

“Di desa ini, saya punya banyak kenangan. Soalnya, jadi lokasi saya Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 1983. Saat KKN itu, saya sempat dipanggil Dandim dan Danramil. Gara-garanya, saya ngumpulin perangkat desa di Kecamatan Grobogan dan membahas buku yang berisi ajaran Bung Karno,” jelasnya.

Dari Desa Putatsari, Tjahjo transit sejenak di pendapa dan selanjutnya menuju ke Masjid Agung Baitul Makmur untuk salat Jumat. Baru setelah salat Jumat melangsungkan acara utama, pengarahan pada pejabat dan kepala desa.

Usai pengarahan, masih ada dua agenda lagi yang dilakukan Tjahjo. Yakni, mengunjungi Septa Yuhardi yang dulu pernah jadi Ketua DPC PDI Perjuangan Grobogan dan Ketua DPRD setempat periode 1999-2004.

Kunjungan di rumah sahabat baiknya di Kawasan Simpang Lima itu Purwodadi hanya berlangsung singkat, sekitar 15 menit. Setelah itu, agenda Mendagri adalah menuju ke Kecamatan Gubug untuk menengok dan menyerahkan bantuan pada korban banjir.

Bupati Grobogan Sri Sumarni ketika dimintai komentarnya menyatakan, wilayah Grobogan memang tidak asing bagi Tjahjo Kumolo. Sebab, beberapa periode jadi wakil rakyat, Tjahjo berangkat dari Dapil Jateng 3 yang meliputi Grobogan, Pati, Rembang, dan Blora.

“Semasa jadi anggota DPR RI, Pak Tjahjo sering datang ke Grobogan. Jadi, beliau memang sudah mengenal wilayah sini dengan baik. Dan, saya merasa senang beliau berkunjung ke sini karena bisa menyampaikan banyak hal pada pejabat dan kades,” katanya.

 Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →