Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pramuka Kwarran Wirosari Gelar Upacara di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Grobogan



Reporter:    /  @ 20:30:10  /  10 November 2016

    Print       Email
Anggota pramuka Kwarran Wirosari melangsungkan upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan Wirosari, Kamis (10/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota pramuka Kwarran Wirosari melangsungkan upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan Wirosari, Kamis (10/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Pelaksanaan upacara memperingati Hari Pahlawan di Grobogan ternyata tidak hanya dilakukan di lingkup sekolah dan instansi pemerintah saja. Tetapi juga dilakukan di beberapa makam pahlawan yang ada di Grobogan.

Seperti yang terlihat di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Kecamatan Wirosari, Kamis (10/11/2016) sore. Upacara di tempat tersebut dilakukan oleh anggota pramuka Kwarran Wirosari. Sedikitnya ada 30 orang yang terlibat dalam acara ini. Pelaksanaan upacara dipimpin Serma Zamroni, salah seorang anggota Koramil Wirosari.

Sebelum upacara dilaksanakan, para peserta lebih dulu melangsungkan kegiatan bersih-bersih. Setelah upacara, dilanjutkan doa bersama dan acara tabur bunga di makam yang memiliki 31 nisa itu.

Pengurus Kwarran Wirosari Ujang Mujiyono menyatakan, melalui kegiatan itu, para generasi muda, terutama anggota pramuka bisa mengingat jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Kegiatan seperti ini sudah kita lakukan dua kali. Tahun lalu dan sekarang ini. Meski sederhana namun apa yang kita lakukan diharapkan bisa membawa makna mendalam bagi adik-adik,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Institusi dan Bimbingan Sosial Dinsosnakertrans Grobogan Jasmari ketika dimintai komentarnya menyatakan, selama ini, pelaksanaan upacara Hari Pahlawan memang selalu dipusatkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di kampung Banyuono, Purwodadi. Sementara upacara di MP dilakukan oleh beberapa pihak yang ada di sekitar lokasi.

Lebih jelas Jasmari menyatakan, saat ini, di Grobogan terdapat empat lokasi pemakaman pahlawan. Satu lokasi berupa TMP dan tiga lainnya adalah MP.“Jadi TMP dan MP ini sama-sama tempat pemakaman pahlawan tetapi ada sedikit perbedaannya,” katanya.

Sesuai sebutannya, TMP dilengkapi fasilitas, seperti ada taman, areal upacara dan perpustakaan mini. Sedangkan di MP tidak ada fasilitas seperti itu.Tiga MP berada di Kedungjati dengan jumlah makam sebanyak 51. Kemudian, MP Wirosari (31), dan MP Grobogan (8). Sedangkan, jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP ada 270 orang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →