Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kudus Masuk 10 Besar Terbaik soal Keterbukaan Informasi Publik



Reporter:    /  @ 17:00:51  /  10 November 2016

    Print       Email
Bupati Kudus Musthofa saat menerima kunjungan dari KIP Jateng, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Bupati Kudus Musthofa saat menerima kunjungan dari KIP Jateng, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kudus menjadi satu dari 10 kabupaten dan kota se-Jateng yang memiliki informasi publik terbaik. Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng Zainal Abidin “Petir” saat kunjungan ke Kudus, Kamis (10/11/2016).

Acara berlokasi di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika. Petir menyebutkan alasan kedatangannya adalah untuk meninjau secara langsung kebenaran keterbukaan informasi publik tersebut. “Tujuan kami datang yakni cek langsung benar atau tidak. Jika tidak bisa kami copot dari 10 besar, sebab sebelumnya saat presentasi bagus,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, pihaknya tidak dapat menyebutkan mana saja 10 besar tersebut. Yang pasti ke-10 besar kabupaten dan kota pasti dikunjungi KIP Jateng. Petir menambahkan keterbukaan publik sangatlah penting. Sebab semua sumber pembiayaan berasal dari rakyat. Sehingga harus kembali kepada rakyat dan rakyat harus tahu berapa jumlah yang dihabiskan dan juga diperoleh.

Seperti halnya soal anggaran kunjungan serta perjalanan dinas. Semuanya harusnya dapat dimasukkan dalam informasi publik. Kalau perlu dapat dianggarkan namun harus yang bermanfaat bagi rakyat. Untuk Kudus, lanjutnya, dia memberikan apresiasi terkait hal itu.

Sebab bukan hanya SKPD saja yang bagus soal keterbukaan informasi publik, namun Bupati langsung yang juga menguasai dan mendorong adanya keterbukaan informasi publik tersebut. “Apresiasi kami berikan, soalnya selain mendorong, Bupati Kudus juga yang memberikan contoh terkait hal tersebut. Seandainya semua demikian maka akan bagus,” ujarnya.

Di Jawa Tengah, kata dia, hampir secara keseluruhan sudah bagus tentang keterbukaan informasi publik. Hanya beberapa saja yang mendapatkan keluhan. Bagi dia, SKPD di Jatengjuga sudah bagus dengan informasi publik. Dia menjelaskan keterbukaan informasi publik tiap tahunnya mengalami hal yang positif. Terlihat tahun ini yang ada 25 pemohon dengan 22 kasus yang sudah putus. Sedangkan 2015 ada 25 dan 2014 ada lebih dari 100.

Sementara, Bupati Kudus Musthofa mengatakan kalau pihaknya mendukung penuh adanya keterbukaan informasi publik. Sebab, dana yang didapat berasal dari masyarakat dan harus dilaporkan untuk kepentingan masyarakat juga.

“Ini semua adalah keringat dari rakyat, jadi sudah sepantasnya mereka tahu kalau pembangunan semaunya untuk kepentingan rakyat. Ke depan akan kami tingkatkan lebih baik lagi,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →