Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

7 Kegiatan Bakal jadi Prioritas Pemkab Grobogan di 2017, Ini Bocorannya



Reporter:    /  @ 21:06:05  /  8 November 2016

    Print       Email
Anggota Badan Anggaran DPRD Grobogan sedang melakukan pembahasan rancangan KUA-PPAS di Ruang Rapat Paripurna, Selasa (8/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota Badan Anggaran DPRD Grobogan sedang melakukan pembahasan rancangan KUA-PPAS di Ruang Rapat Paripurna, Selasa (8/11/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Sedikitnya ada tujuh kegiatan yang jadi prioritas Pemkab Grobogan tahun 2017 mendatang. Hal itu terungkap dalam rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2017 yang dilangsungkan di ruang rapat paripurna DPRD Grobogan, Selasa (8/11/2016).

Saat menyampaikan kata pengantar, Sekretaris Daerah Grobogan Sugiyanto menyebutkan, alokasi belanja langsung pada KUA-PPAS untuk tahun anggaran 2017 direncanakan sebesar Rp 1 triliun lebih. Besarnya alokasi pada pos ini naik sekitar 18,37 persen dibandingkan penetapan APBD tahun 2016 yang berkisar Rp 883 miliar lebih.

Dalam pos belanja langsung itu, ada beberapa kegiatan yang jadi skala prioritas. Antara lain, pembangunan jalan dan jembatan milik kabupaten, dan pembangunan jalan antardesa.

Kemudian, penataan wajah Kota Purwodadi, penataan dan pemanfaatan tanah milik PT KAI di bekas Stasiun Purwodadi untuk kawasan ekonomi kerakyatan. Prioritas berikutnya adalah perintisan pembangunan rumah sakit tipe C di wilayah barat dan timur.

“Prioritas selanjutnya adalah pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK). Satu lagi, adalah pemberian bantuan sosial bagi warga miskin yang meninggal dunia,” kata Sugiyanto.

Secara global, dalam KUA-PPAS itu diketahui untuk pos pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp 2,2 triliun lebih atau naik 0,46 persen dibandingkan penetapan APBD 2016. Kemudian, untuk pos belanja daerah dialokasikan Rp 2,4 triliun atau naik 7,67 persen dari penetapan APBD 2016. Sedangkan pos pembiayaan direncanakan sebesar Rp 249 miliar lebih.

Pembahasan rancangan KUA-PPAS bersama badan anggaran dipimpin Wakil Ketua DPRD Grobogan HM Nurwibowo. Dijadwalkan, pembahasan yang dilakukan siang dan malah hari itu akan selesai hingga Kamis lusa.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →