Loading...
You are here:  Home  >  Uncategorised  >  Artikel ini

Punya Corak Unik, Anggota DPR RI Ini Sering Promosikan Batik Khas Grobogan Hingga Mancanegara



Reporter:    /  @ 20:00:33  /  8 November 2016

    Print       Email
Anggota DPR RI Firman Subagyo mencoba mengoperasikan traktor roda empat yang akan diserahkan buat petani.(MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota DPR RI Firman Subagyo mencoba mengoperasikan traktor roda empat yang akan diserahkan buat petani.(MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Keberadaan batik khas Grobogan ternyata mendapat perhatian khusus dari anggota Komisi IV DPR RI Firman Subagyo. Wakil rakyat ini sering mempromosikan batik khas Grobogan ketika ada acara dinas ke luar negeri.

“Saat acara dinas di luar negeri, saya sering pakai batik dari Grobogan. Ternyata, banyak orang yang suka karena motifnya unik. Banyak pula, duta besar dari sejumlah negara yang tertarik sama batik Grobogan ini, lho,” kata Firman saat acara penyerahan bantuan peralatan pertanian pada petani yang dilangsungkan di Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan, Selasa (8/11/2016).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Dandim 0717 /Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning. Terlihat pula, Ketua Komisi B DPRD Grobogan Budi Susilo, Asisten II Dasuki, Staf Ahli Sugeng, dan Kepala Dinas Pertanian TPH Edhie Sudaryanto.

Firman menyatakan, baju batik Grobogan juga sering dipakai saat acara yang berkaitan dengan masalah pertanian. Terutama, saat melangsungkan acara ke daerah-daerah.

“Seperti saat ini, saya hadir dengan pakai baju batik Grobogan. Saya punya banyak batik Grobogan ini dengan berbagai warna, ada kuning, merah, hijau. Kebetulan hari ini saya pakai batik warna kuning. Tetapi hal ini jangan dihubungkan dengan warna partai saya,” kata politisi Partai Golkar asal Pati itu.

Menurutnya, motif utama batik Grobogan lebih banyak menggambarkan hasil pertanian. Seperti jagung, padi, dan kedelai yang selama ini memang jadi komoditas unggulan di Grobogan.

“Melalui batik ini secara tidak langsung menjadi sarana buat mengenalkan potensi pertanian di sini. Selama ini, saya tahu persis kalau Grobogan merupakan salah satu wilayah penyangga pangan nasional,” jelasnya.

Usai berbicara masalah batik, Firman kemudian menyampaikan masalah pentingnya peralatan pertanian bagi petani. Selain memudahkan pengolahan lahan, adanya peralatan modern juga bisa menimbulkan semangat generasi muda untuk menekuni dunia pertanian.

“Minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian ini mulai menurun. Soalnya, mereka menganggap kerja di bidang ini selalu kotor karena bergelut dengan lumpur dan tanah. Nah, dengan alat modern ini kita harapkan anggapan itu bisa berubah,” kata Firman yang dalam acara itu sempat mencoba mengoperasikan traktor roda empat yang akan diserahkan buat petani itu.

 Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →