Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini Jenis Bencana Alam yang Sering Melanda Pati



Reporter:    /  @ 16:54:12  /  8 November 2016

    Print       Email
 Anggota TNI dari Kodim 0718/Pati menyiapkan peralatan untuk siaga bencana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Anggota TNI dari Kodim 0718/Pati menyiapkan peralatan untuk siaga bencana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kabupaten Pati memiliki letak geografis yang beragam dan kompleks, punya daratan luas, perbukitan, pegunungan, hingga lautan. Kompleksitas kondisi geografis tersebut tidak jarang menimbulkan bencana alam.

Terlebih, bencana akan lebih mudah terjadi ketika lingkungan dan alamnya sudah mulai rusak. Misalnya, penebangan hutan secara liar hingga menyebabkan hutan gundul, penambangan liar, pengambilan air tanah yang berlebihan, buang sampah sembarangan hingga terjadi pendangkalan sungai, dan sebagainya.

Plt Bupati Pati Budiyono dalam apel siaga bencana di Alun-alun Pati, Selasa (08/11/2016) menyebut, ada beberapa jenis bencana alam yang sering melanda Kabupaten Pati. Salah satunya, banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan kekeringan ketika musim kemarau.

Karena itu, dia mengimbau kepada warga Pati untuk berupaya memelihara lingkungan dengan baik. Di lain pihak, Pemkab Pati sudah menyiapkan persiapan untuk menghadapi kemungkinan bencana yang akan melanda Pati.

“Satgas bencana sudah disiapkan dengan dukungan peralatan yang mumpuni. Kita juga sudah menyiapkan konsep rehabilitasi dan normalisasi bila ada suatu wilayah yang terkena bencana. Hal itu diharapkan agar aktivitas kembali berjalan normal pascabencana. Namun, kita masih sangat perlu dukungan masyarakat agar penanganan bencana nantinya bisa berjalan lancar,” tutur Budiyono.

Sosialiasi tanggap bencana juga dirasa perlu agar masyarakat tidak kaget ketika bencana alam mulai melanda. Dengan pemahaman yang tepat, Satgas dan masyarakat akan saling bersinergi untuk menyiapkan logistik, sandang, dan tempat pengungsian hingga semua terkondisikan dengan baik.

Sementara itu, Kasdim 0718/Pati Mayor Agus Supriyadi mengaku sudah menyiapkan satgas bencana bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam di Pati. Terlebih, cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir memungkinkan adanya banjir, longsor, dan angin puting beliung.

“Kita tidak berharap bencana itu datang. Namun, rencana, antisipasi, kesiapan dan kesigapan sangat diperlukan bila sewaktu-waktu bencana datang melanda. Satgas dari anggota TNI sangat siap bersinergi dengan lintas sektor dan masyarakat,” pungkas Mayor Agus.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →