Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini Lima Misi Dinas KP Jepara Wujudkan Sumber Daya yang Optimal



Reporter:    /  @ 11:03:59  /  7 November 2016

    Print       Email
iklan-pemkab-jepara-dinas-kelautan-tyg-7-nov-2016

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jepara memiliki visi mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui bidang laut dan perikanan, yang menjadi salah satu potensi andalan wilayah tersebut. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Hingga tahun 2017 mendatang, ada misi yang harus dicapai Dinas Kelautan dan Perikanan(Dinas KP) Kabupaten Jepara, untuk mewujudkan visi yang sudah ditetapkan.

Ada satu misi yang ingin dicapai Dinas KP Jepara, yang dicanangkan pada tahun 2012-2017 mendatang. ”Yakni terwujudnya pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang optimal dan berkelanjutan, guna mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara Achid Setiawan.

Keinginan untuk mencapai visi itu, diwujudkan dalam lima misi yang dinas ini programkan. Misi pertama adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia bidang kelautan dan perikanan.

Lewat misi ini, yang menjadi sasaran adalah bagaimana mengembangkan ketrampilan dan keahlian pembudidaya ikan, nelayan, dan pengolahan hasil perikanan. Hingga terlaksananya pelatihan teknis bagi pembudidaya ikan, nelayan, dan pengolah. Kemudian terlaksananya pembinaan kelompok, dalm rangka peningkatan kapasitas kelembagaan kelompok ikan, nelayan, dan pengolah hasil perikanan.

Lantas, misi kedua adalah mewujudkan pengelolaan dan rehabilitasi kawasan ekosistem pesisir laut. Di mana tujuannya adalah memelihara dan meningkatkan daya dukung serta kualitas lingkungan perairan tawar, pesisir, pulau-pulau kecil, dan lautan.

Kemudian misi yang ketiga yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan pelaku usaha periksanan. Misi ini memiliki tujuan untuk meningkatnya kualitas lingkungan, pesisir, dan pulau-pulau kecil, melalui pemanfaatan sumber daya yang optimal, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir dan pelaku usaha perikanan.

Dinas juga mencanangkan misi yang keempat, yakni meningkatkan produksi dan produktivitas perikanan dan kelautan. Ada tujuan yang ingin dicapai dari misi ini, yakni meningkatnya produksi perikanan dan kelautan yang berdaya saing secara kualitas dan kuantitas.

Sedangkan misi kelima atau terakhir, adalah meningkatkan kontribusi sektor perikanan dan kelautan, dalam pertumbuhan ekonomi. Dengan tujuan mendorong tumbuhnya usaha perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengolahan, pemasaran produk perikanan.

”Kelima misi itu, bertujuan membuat bidang kelautan dan perikanan menjadi semakin maju dan meningkat. Ada strategi-strategi yang kita laksanakan untuk mewujudkan misi, demi terwujudnya visi kita. Bagaimana menyejahterakan masyarakat dengan bidang kelautan dan perikanan ini,” kata Achid.

Editor: Merie

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →