Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Mahasiswa Kudus, Yuk Ikutan Sosialisasi Dana Cukai



Reporter:    /  @ 10:41:01  /  7 November 2016

    Print       Email
Mahasiswa bisa melakukan sosialisasi cukai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus . (Istimewa)

Mahasiswa bisa melakukan sosialisasi cukai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus . (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Manfaat itulah yang harus diketahui, sehingga masyarakat benar-benar bisa merasakannya.

Sosialisasi akan manfaat dana cukai ini, tentu saja menjadi tanggung jawab pemerintah, yang harus melakukannya setiap saat. Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa ada pihak-pihak lain yang juga bisa diajak untuk ikut menyosialisasikan program-program terkait dengan dana cukai.

”Kami dari Pemkab Kudus, tentu saja tidak bisa bekerja sendiri dalam menyosialisasikan soal manfaat dana cukai ini. Kami juga butuh pihak lain, yang akan membantu kami melakukan sosialisasi itu,” terang Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Kudus Putut Winarno.

Satu pihak yang dianggap cukup berperan dalam sosialisasi, adalah kalangan mahasiswa. Mereka adalah anak-anak muda yang memiliki potensi luar biasa, untuk menjadi salah satu agen perubahan, demi kemajuan sebuah daerah.

Winarno mengatakan, mahasiswa di Kudus sudah sewajarnya jika dilibatkan untuk ikut serta menyosialisasikan dana cukai. ”Mahasiswa kan, berasal dari berbagai wilayah yang ada di Kudus ini. Mereka juga berasal dari masyarakat yang dekat dengan keseharian mereka. Sehingga ketika mereka memahami apa itu dana cukai, mereka bisa menyosialisasikannya kepada masyarakat luas,” tuturnya.

Sosialisasi ini, adalah salah satu dari bagian Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.07/2016 tentang Penggunaan, Pemanfaatan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau. Termasuk juga sosialisasi Peraturan Bupati Kudus Nomor 32 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Kabupaten Kudus.

Jika mendapatkan sosialisasi dari mahasiswa, Winarno mengatakan jika masyarakat tentu saja akan bisa memahami soal manfaat dana cukai ini. ”Kita ajak mahasiswa untuk ikut menyosialisasikan ini. Karena mereka berbaur luas dengan masyarakat, sehingga keberadaan mahasiswa ini juga akan bisa melebur kepada mereka. Sehingga sosialisasi akan mudah dilakukan,” paparnya.

Manfaat dana cukai sendiri sudah sangat luar biasa, untuk digunakan menyejahterakan masyarakat. Melalui perbaikan infrastruktur, pemberian pelatihan, hingga peningkatan mutu bahan baku cukai itu sendiri.

Namun yang pasti, menurut Winarno, masyarakat harus tahu bahwa dana cukai ini sangat perlu bagi mereka. Yakni bisa meningkatkan kesejahteraan mereka, melalui serangkaian pelatihan yang diberikan.

”Contohnya adalah di Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus. Banyak sekali jenis-jenis pelatihan yang bisa diikuti dan dipelajari masyarakat. Sehingga kemampuan mereka akan meningkat, dan dapat menyejahterakan taraf hidup mereka,” imbuhnya. (HMS/SOS/CUK)

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →