Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
PATI HUTAN MINIMARKET

Ini Jumlah Alfamart-Indomaret yang Menjamur di Pati



Reporter:    /  @ 16:00:43  /  7 November 2016

    Print       Email
 Salah satu toko modern yang terdapat di Kabupaten Pati, yakni Indomaret di kawasan Alun-alun Pati. Toko modern yakni Indomaret dan Alfamart di Pati jumlahnya mencapai 116 unit. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Salah satu toko modern yang terdapat di Kabupaten Pati, yakni Indomaret di kawasan Alun-alun Pati. Indomaret dan Alfamart di Pati, jumlahnya saat ini mencapai 116 unit. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Peluang investasi di Kabupaten Pati dibuka selebar-lebarnya sejak kepemimpinan Bupati Pati Haryanto. Peluang itu yang dimanfaatkan investor untuk mendirikan bisnis di Bumi Mina Tani, terutama bisnis minimarket atau toko modern.

Menurut data yang dihimpun dari Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Pati, ada 116 minimarket dengan brand Alfamart dan Indomaret yang beroperasi di Kabupaten Pati. Jumlah itu tidak termasuk minimarket di luar Alfamart dan Indomaret.

“Minimarket di Pati cukup banyak, ada Indomaret, Alfamart dan macam-macam minimarket milik masyarakat. Ada cukup banyak mart-mart yang lain. Namun, khusus Alfamart dan Indomaret yang ada di Pati sekitar 116 minimarket,” kata Plt Kepala KPPT Pati, Jumani, Senin (07/11/2016).

Sementara itu, data yang dihimpun dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pati, ada 28 minimarket dengan brand Alfamart dan Indomaret yang berada di wilayah sekitar Pati Kota, seperti Pati, Margorejo, dan Tlogowungu.

Di satu sisi, keberadaan minimarket yang menjamur di Pati menjadi indikasi kemajuan di bidang perekonomian. Di sisi lain, keberadaannya dianggap mengancam eksistensi pasar tradisional.

Karena itu, Pemkab Pati saat ini tengah mengkaji dan membahas peraturan daerah (perda) yang mengatur keberadaan toko modern. Rancangan perda sudah mulai dibahas pihak legislatif. Produk hukum perda nantinya diharapkan bisa memberikan solusi di tengah-tengah persoalan toko modern yang mulai membanjiri Bumi Mina Tani.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →