Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pengerukan Belum Membuahkan Hasil, Ratusan Ha Sawah di Undaan Masih Tergenang



Reporter:    /  @ 14:00:31  /  7 November 2016

    Print       Email
sawah

Warga berada di areal persawahan di Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kudus, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan hektare lahan pertanian di Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kudus, hingga kini masih tergenang air. Meski sudah dikeruk dengan alat berat, namun hal itu belum maksimal. Sampai kini, banyak areal persawahan masih terlihat terendam air.

Ketua Gapoktan Wates, Zuhri mengatakan kalau dari awal pihaknya sudah memprediksi kalau upaya pengerukan tidak akan maksimal. Hal itu terbukti dengan hasil pascadikeruk. Yalni lahan pertanian masih tertutup air.

“Dari awal kan saya sudah bilang, di sini itu membutuhkan sudetan ke saluran irigasi Undaan Lor. Itu solusi yang pas, namun belum bisa dilaksanakan,” keluhnya, Senin (7/11/2016).

Menurutnya, pengerukan dengan menggunakan alat backhoe (begu). Sudah selesai dilaksanakan dua hari lalu, Sabtu (5/11/2016). Hanya, kondisi air masih tenang dan masih nampak memenuhi sawah di Desa Wates.

Dampaknya, hingga kini para petani di desa tersebut tidak bisa melakukan tanam tepat waktu. Kalau pun bisa, harus menunggu air yang menggenangi sawah surut terlebih dahulu.

Pengerukan saluran sejauh 3 kilometer (km) membutuhkan waktu dua pekan lamanya. Pengerukan menggunakan satu alat dari Dinas Binamarga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPESDM) didatangkan, Senin (24/10/2016). Sehari setelah itu langsung digunakan.

“Pengerukan yang dilakukan sedalam 70 centimeter. Panjang kerukan mulai hulu dan hilir sama, sebab pada bagian ujung struktur tanah lebih rendah,” jelasnya

Soal bahan bakar, sampai saat ini telah menghabiskan solar 600 liter. Itu bersumber dari petani. Sedangkan alatnya dibantu pemerintah beserta tenaganya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →