Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
RANPERDA LALU LINTAS, SOLUSI TEPAT ATASI KERUWETAN?

Jumlah Kendaraan Tak Sebanding dengan Lebar Jalan di Kudus



Reporter:    /  @ 18:32:49  /  5 November 2016

    Print       Email
kapolres

Kendaraan melintas jalan raya di seputaran Alun-alun Simpang Tujuh, Kudus, Sabtu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kapolres Kudus AKBP Andy Rifa’i mengatakan, keberadaan lalu lintas di Kudus semakin sesak tiap tahunnya. Hal itu disebabkan semakin banyaknya kendaraan yang di jalan raya, tapi tidak diimbangi dengan lebarnya jalan.

“Tiap pekan pasti ratusan kendaraan baru ada di jalan raya. Dan luas jalannya seperti itu-itu saja. Sehingga jalanan semakin sesak,” kata Andy kepada MuriaNewsCom,

Idealnya, untuk mengimbangi itu semua seyogyanya dilakukan pelebaran jalan. Namun itu sangat sulit jika dipraktikkan di Kudus.

Mengenai upaya Pemkab Kudus membuat Perda Lalu Lintas, pihaknya mengakui tidak mengetahui hal itu. Sebab, selama ini tidak ada perbincangan mengenai lalu lintas di Kudus yang dirumuskan ke perda.

“Sebelum dirumuskan ke dalam perda, harusnya terlebih dahulu mampu ditata apa saja yang perlu dituangkan dalam perda tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, komunikasi dengan berbagai pihak juga dapat dilakukan guna menambah referensi. Apakah kondisi jalan serta masukan pihak lantas yang selama ini bermitra dengan pDishub.

“Di Kudus ada forum lalu lintas, yang didalamnya terdapat bebebepa kalangan. Dan pembahasan harusnya dapat mengajak forum, agar nantinya kebijakan tidak memperburuk kondisi di Kudus,” ungkapnya.

KBO Satlantas Polres Kudus Iptu Anwar menambahakan, penataan lalu lintas di Kudus membutuhkan pertimbangan yang matang. Sebab sejauh ini beberapa titik masih kerap menuai masalah, seperti halnya soal kemacetan.

“Kami belum ada pembahasan tentang Perda Lalu Lintas yang dibahas. Kami malah baru tahu. Namun jika memang ada, dapat dilihat kondisi jalan yang menyebabkan kemacetan,” ungkapnya.

Dia mencontohkan seperti halnya jalan Jenderal Sudirman yang jadi dua arah. Hal itu dianggap kurang siap dengan melihat banyaknya hal yang seharusnya butuh pembenahan terlebih dahulu.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →