Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Cara Unik SD Cahaya Nur Kudus Peringati Hari Pangan Sedunia (HPS)



Reporter:    /  @ 07:32:02  /  5 November 2016

    Print       Email
Salah satu makanan berbahan pisang, nogosari. (Istimewa)

Salah satu makanan berbahan pisang, nogosari. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS), ada saja cara unik yang dilakukan masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan di SD Cahaya Nur Kudus.

Tangan Celine, 7, siswi kelas II SD Cahaya Nur mengatakan, siswa di sekolahnya merayakan HPS dengan membuat makanan olahan dari pisang.

Di antaranya adalah matablong. Yakni kombinasi pisang dan singkong. Selain matablong, ada beragam olahan kuliner berbahan dasar pisang seperti cake pisang, nogosari, selai pisang, keripik pisang hingga kolak.

“Senang sekali bisa belajar membuat kue sendiri. Rasanya juga enak semoga bapak tukang becak yang biasa mangkal di depan sekolah juga suka,” kata Celine.

Juru bicara SD Cahaya Nur, Wahyu Indah mengatakan pisang sengaja dipilih sebagai bahan dasar utama pembuatan berbagai olahan makanan. Karena memang bisa berfungsi sebagai salah satu bahan pokok pengganti nasi.

Tiap buah pisang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti 105 kalori, 14 gram glukosa, 3 gram serat dan 1 gram protein. Selain itu buah pisang juga merupakan sumber potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C, dan B6, kalium, magnesium, dan mangan yang memang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

“Pengganti alternatif beras sebenarnya banyak, namun masyarakat lebih mengenal umbi-umbian makanya kita kenalkan pisang,” ujar Wahyu.

Manfaat pisang, tak hanya buahnya. Sebab bagian lain dari pisang juga memiliki beragam manfaat bagi kehidupan. Ia mencontohkan daun pisang yang kering (klaras) dapat digunakan sebagai obat.

Lalu  pembungkus dari daun pisang yang bisa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa makanan dan lain sebagainya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →