Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Gara-gara Sambungan Gelap, PDAM Rembang Rugi Ratusan Juta



Reporter:    /  @ 08:06:49  /  5 November 2016

    Print       Email
Direktur PDAM Rembang Muhammad Affan. Dirinya menyebut, jika PDAM Rembang mengalami kerugian akibat adanya sambungan gelap. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Direktur PDAM Rembang Muhammad Affan. Dirinya menyebut, jika PDAM Rembang mengalami kerugian akibat adanya sambungan gelap. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Rembang menengarai hingga saat ini ada seratus sambungan gelap yang tersebar di Kecamatan Sulang. Akibat sambungan gelap itu, PDAM mengalami kerugian senilai Rp 177 juta pada semester pertama 2016 ini.

Banyaknya sambungan illegal di wilayah Sulang tersebut, diketahui setelah adanya laporan jika keuangan pada semester pertama jebol. Sehingga, hal itu mendapatkan respon dari pihak PDAM Rembang.

“Awalnya kita tahu jika ada sambungan illegal, karena laporan keuangan kita jebol. Kemudian kita lakukan penelusuran, kenapa bisa seperti itu. Nah ternyata kita mendeteksi ada sambungan illegal di wilayah Unit Sulang,” ujar Direktur PDAM Rembang Muhammad Affan.

Dengan adanya sambungan illegal tersebut, dari 800 pelanggan PDAM di wilayah Kecamatan Bulu dan Sulang, hanya 400 pelanggan yang masih bisa teraliri air PDAM. Selebihnya terganggu, akibat saluran pipa ilegal.

Meski demikian, menurutnya pihaknya masih belum mau membawa persoalan tersebut ke ranah hukum. Pihaknya lebih memilih untuk melakukan tindakan secara persuasif. “Kita lebih mengutamakan langkah persuasif terlebih dahulu. Yakni dengan cara bekerja sama dengan polsek setempat, kepala desa setempat untuk mengimbau warga agar tidak melakukan tindakan illegal seperti itu,” kata Affan.

Kemudian, dalam waktu dekat, pihaknya juga bakal mengumpulkan pelanggan untuk melakukan sarasehan. Hal tersebut dimaksudkan, agar pelanggan bisa menyampaikan keluh kesah terkait pelayanan PDAM selama ini.

Dirinya juga mengimbau, agar pihak-pihak yang selama ini melakukan tindakan penyambungan pipa secara illegal, untuk segera mendaftarkan diri secara resmi di PDAM untuk proses penyambungan saluran air.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →