Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

MT I, Ditargetkan Ada 37 Ribu Hektare Sawah di Rembang yang Ditanami Padi



Reporter:    /  @ 20:28:45  /  4 November 2016

    Print       Email
Beberapa anggota TNI dan petani melakukan tanam padi dalam program percepatan tanam yang digelar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kaliori, Rembang, Jumat (4/11/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Beberapa anggota TNI dan petani melakukan tanam padi dalam program percepatan tanam yang digelar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kaliori, Rembang, Jumat (4/11/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Sudah berjalannya musim tanam pertama (MT I) ini, petani di Rembang  diharapkan bisa melakukan percepatan tanam padi. Ditargetkan pada Oktober 2016 hingga Maret 2017 nanti, tanaman padi bisa mencapai 37 ribu hektare.

Untuk Oktober 2016 kemarin, lahan yang sudah ditanami padi sudah ada sekitar 3 ribu hektare, dan di bulan November 2016 ini diharapkan bisa mencapai 9 ribu hektare. Untuk ikut mensupport percepatan tanam, Dinas Pertanian dan Kehutanan (DIntahut) dan Kodim 0720/Rembang melakukan penananaman padi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kaliori, Rembang, , Jumat (4/11/2016).

“Di seluruh wilayah Kabupaten Rembang ini diharapkan ada percepatan tanam. Sehingga musim tanam Okmar (Oktober-Maret) ini bisa mencapai 37 ribu hektare,”kata Kepala Dintanhut Rembang, Suratmin.

Target di tahun 2017 ada 45 ribu hektare lahan yang ditanami padi, dengan target produksi 250 ribu ton gabah kering giling.

Untuk mencapai target itu, pemerintah terus mengucurkan bantuan pertanian. Di antaranya 15 ribu ton benih, ratusan hand traktor, mesin tanam padi hingga seratus sumur pantek, dam parit dan long storage di beberapa daerah.

Komandan Kodim 0720/Rembang, Letkol Inf Darmawan Setiady  menyoroti kondisi sebagian besar sawah di Rembang merupakan sawah tadah hujan. “Pemerintah juga bisa  memanfaatkan atau mengupayakan dengan pihak-pihak yang berwenang untuk membuat sodetan sungai. Seperti sungai di sebelah Kecamatan Kaliori, agar bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah di sini sampai pusat kota,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →