Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jangan Heran Kalau TPA Tanjungrejo Kudus Kian Mempesona, Begini Lho Penataannya



Reporter:    /  @ 17:05:44  /  4 November 2016

    Print       Email
tpa-2

Pekerja menyelesaikan penataan taman di TPA Tanjungrejo, Kudus, Jumat. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Tanjungrejo, Jekulo, terus ditata agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Seperti halnya akan dibangun taman dan penataan lainnya.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) Sumiyatun mengatakan, penataan TPA memang telah direncanakan. Seperti halnya, pembuangan sampah, nantinya akan ditata di sebelah barat TPA. Dengan jarak yang cukup jauh dengan bangunan taman yang kini sedang dilakukan.

“Bau yang timbul juga bakalan berkurang dan terhalang dengan pohon yang ditanami di taman nanti,” katanya saat meninjau pengerjaan bangunan taman di TPA Tanjungrejo, Kudus, Jumat (4/11/2016).

Pihaknya juga membangun talut yang berfungsi sebagai penahan sampah yang menumpuk agar tidak tumpah di jalan. Talut dibangun dengan mengitari tumpukan sampah di dalam TPA. Rencananya, di dalam TPA akan ada pemisahan sampah.

Sampah yang  dipisahkan bakal di daur ulang menjadi pupuk dan dapat dijual. Dengan demikian maka manfaatnya akan lebih banyak.

Pihaknya mendapatkan bantuan gubernur untuk penataan TPA. Anggaran dari provinsi itu dialokasikan untuk bebebepa hal. Seperti pembuatan talut TPA, pembuatan taman, jembatan timbang, pagar dan juga kolam serta lain sebaginya. “Semuanya  dikerjakan bersamaan hingga akhir bulan ini,” katanya.

Cipkataru ingin menghilangkan kesan TPA yang banyak sampah, kumuh dan bau. Hal itu dibuktikannya dengan penataan kawasan agar nyaman dilihat. Taman yang dibangun juga berada di depan pintu masuk TPA. Sehingga pengunjung yang datang akan langsung disambut dengan taman TPA dan kolam air. Setelah itu, pada sisi kanan dibuatkan wahana bermain yang diklaim membuat betah pengunjung.”TPA ini nantinya akan mampu menjadi wahana rekreasi. Khususnya bagi anak anak untuk tahu pengelolaan sampah dan ada wahana bermainnya,” imbuhnya.

Untuk memulai sebagai lokasi wisata, pihaknya dapat melakukan kerja sama dengan instansi terkait atau mengundang rombongan TK untuk datang ke TPA. Tentunya setelah semuanya tertata dengan apik.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →