Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Gempa Madiun Saat Khutbah Jumat Terasa Hingga Pati



Reporter:    /  @ 14:41:26  /  4 November 2016

    Print       Email
gempa-e

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Pati –  Siang ini gempa bumi goyang di Madiun Jawa Timur dan dirasakan sampai Pati. Dalam info yang disampaikan BMKG, gempa dengan kekuatan 4,9 Skala Richter terjadi pada Jumat (4/11/2016) pukul 12:08:07 WIB.

Pusat gempa berada pada koordinat 7.55 LS dan 111.30 BT atau 45 km arah barat laut dari pusat kota Madiun dengan kedalaman 19 Km.

Gempa dengan kekuatan II SIG (III MMI) tersebut juga dirasakan di Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Madiun, Magetan, Ngawi, Yogyakarta, Pati dan Kudus.Di Pati sendiri gempa terasa ringan selama beberapa detik. Belum ada dampak yang dilaporkan dirasakan akibat gempa tersebut.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Pemicu gempabumi ini diperkirakan adalah aktivitas sesar aktif di sebelah utara Gunung Lawu,” ujar Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat yang terdampak guncangan diimbau agar tetap tenang karena gempabumi ini tidak berpotensi merusak.

Sementara itu, salah seorang warga Pati mengaku jika getaran gempa pada siang tadi cukup terasa. “Di pati cukup terasa, bahkan pintu lemari di kantor saya sampai terbuka sendiri. Rasane nggliyer-nggliyer seperti guncangan ketika dilewati kendaraan tronton lewat,” kata Kiki Prima Listi, salah satu karyawan swasta di Pati.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →