Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pragu jadi Pilot Project Desa Ramah Anak



Reporter:    /  @ 13:48:14  /  4 November 2016

    Print       Email
Kepala Desa Pragu Ahmad Subhan menunjukkan papan informasi atau papan nama tentang desa ramah anak. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Kepala Desa Pragu Ahmad Subhan menunjukkan papan informasi atau papan nama tentang desa ramah anak. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Desa Pragu, Kecamatan Sulang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Rembang sebagai pilot project desa ramah anak. Dengan hal ini, diharapkan Desa Pragu bisa memberikan contoh kepada desa lainnya di Rembang untuk mewujudkan desa yang memang benar-benar ramah anak.

Kepala Desa Pragu Ahmad Subhan mengatakan, dirinya menyambut baik dengan adanya penunjukan Pragu sebagai desa ramah anak. “Kami akan berupaya mewujudkan desa ini memang benar-benar ramah anak. Berbagai kegiatan positif untuk warga yang sesuai tingkatan, akan berikan di sini,” ujarnya.

Menurutnya, penunjukan Pragu sebagai desa ramah anak sebenarnya sudah mulai pada 2014 lalu. Namun demikian, untuk penganggaran dalam mendukung berbagai kegiatan baru dilakukan pada 2016 ini. Hal itu sesuai dengan intruksi pemda tentang penganggaran desa ramah anak.

Dirinya menyampaikan, dengan adanya penunjukkan desanya sebagai desa ramah anak, diharapkan bisa ikut berpartisipasi dalam meminimalisasi adanya perilaku negatif anak-anak maupun remaja. Yakni, melalui adanya berbagai kegiatan berorganisasi atau lainnya yang bisa mensupport anak dan remaja yang mengarah kepada tindakan positif.

Lebih lanjut dirinya menyatakan, sebelumnya Desa Pragu dulunya merupakan salah satu desa yang cukup dikenal dengan kenakalan remajanya. Aksi tawuran dengan desa tetangga, katanya juga pernah terjadi. Bahkan, akibatnya beberapa remaja sempat harus mendapatkan pembinaan di kantor polisi.

Untuk mewujudkan desa ramah anak, pihaknya juga menggandeng Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi terkait pengembangan diri anak dan remaja.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →