Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ribuan Pedagang Pasar Piji Kudus Diungsikan Sementara



Reporter:    /  @ 01:02:14  /  4 November 2016

    Print       Email
ps-piji-2

Pekerja menyelesaikan pembanguna fisik Pasar Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Selama pembangunan Pasar Piji, Dawe, Kudus, ribuan pedagang diungsikan sementara. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan proyek tetap berjalan dan pedagang masih berjualan seperti sebelumnya.

Camat Dawe Eko Budi Santosa menambahkan, ribuan pedagang pasar  saat ini masih berada di pasar penampungan. Yakni di lokasi lapangan Desa Dawe dan Pasar PNPM yang berada di dekatnya. Lokasi terdekat itu dipilih karena akses yang cukup mudah.

“Mereka para pedagang diharapkan sudah dapat menempati pasar baru pada awal tahun 2017. Sehingga pedagang akan kembali seperti semula,” katanya kepada MuriaNewsCom, Kamis (3/11/2016).

Menurutnya, pedagang sudah tidak sabar menepati lapak baru nanti. Apalagi pembangunan akan membuat semakin nyaman pedagang pasar itu nanti.

Kabid Pengelolaan Pasar pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Andy Imam Santosa mengatakan, Pasar Desa Piji yang kini tengah dibangun ada di atas areal sekitar 13.500 meter persegi (m2). Pasar itu  mampu menampung lebih dari seribu pedagang.

Keberadaan pasar baru yang dibiayai APBD Kudus senilai Rp 22,4 miliar itu, selain cukup representatif juga lokasinya lebih menjorok ke dalam, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

“Kami upayakan pasar yang terdapat di perbatasan akan ditata dengan bagus. Itu adalah cerminan Kudus yang mengusung ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Dia menyatakan, Pasar Dawe dibangun dua lantai di bagian depannya. Lantai bawah untuk parkir kendaraan dan bagian atas untuk menampung pedagang. Untuk tahap dua satu lantai di bagian belakang juga diperuntukkan bagi pedagang yang semuanya menempati los dasaran.

Kondisi pasar cukup nyaman, tempat parkir yang disiapkan juga luas dengan kapasitas lebih dari 100 kendaran roda empat. Dengan pasar baru nanti, diharapkan pengunjung bisa lebih banyak sehingga mampu meningkatkan pendapatan para pedagang.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →