Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Inspiratif! Kodim 0718/Pati Kembangkan Unit Pengolahan Pupuk Organik



Reporter:    /  @ 09:30:40  /  4 November 2016

    Print       Email
Seorang anggota Kodim 0718/Pati tengah mengumpulkan rumput sisa pakan ternak untuk diolah menjadi pupuk organik. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Seorang anggota Kodim 0718/Pati tengah mengumpulkan rumput sisa pakan ternak untuk diolah menjadi pupuk organik. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kodim 0718/Pati saat ini mengembangkan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) sebagai tindak lanjut dari pengembangkan ternak sapi. Sapi yang dikembangkan sebagai upaya untuk menopang ketahanan pangan negeri, sedangkan pupuk organik dari hasil kotoran sapi diharapkan bisa mengurangi degradasi mutu lahan pertanian akibat penggunaan pupuk anorganik.

“Dari pemerintah pusat dan Mabes TNI AD, ada program untuk mengembangkan sistem UPPO. Sesuai dengan perintah komando atas, kami akan mengembangkan sistem UPPO ini dengan baik. Meski hasilnya masih belum maksimal, tetapi kami tetap terus mengembangkan supaya lebih baik,” kata Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma.

Program tersebut meliputi satu kesatuan konsep pemanfaatan sapi lokal yang optimal. Di satu sisi, sapi lokal terus dikembangbiakkan untuk mendongkrak ekonomi, termasuk upaya ketahanan pangan. Di sisi lain, kotoran sapi yang dulu dibuang begitu saja, sekarang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan.

Andri menyebut, UPPO memiliki konsep mutakhir dalam pemanfaatan kotoran sapi. Konsep UPPO menyediakan fasilitas terpadu pengolahan bahan organik, mulai dari jerami, sisa tanaman, limbah ternak, dan sampah organi menjadi kompos atau pupuk organik.

Dari sistem UPPO, peternak sapi bisa mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran hewan sebagai bahan baku pupuk organik. Tujuan akhir dari sistem UPPO, kata Andri, bisa membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk organik yang lebih ramah lingkungan.

Melalui program UPPO, anggota TNI diharapkan punya peran untuk memperbaiki kesuburan lahan yang pada akhirnya bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Dalam konsep UPPO sendiri, biasanya terdiri dari bangunan rumah kompos, bangunan bak fermentasi, kendaraan roda tiga, sapi dan bangunan kandangnya, pakan ternak, serta alat pengolah pupuk organik (APPO).

Baca juga : Anggota TNI di Pati Juga Bisa Kembangkan Ternak Sapi Lho

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →