Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kapolres Pati: Laporan Intelijen Sebut Ada Potensi Kerusuhan pada Aksi 4 November



Reporter:    /  @ 16:00:52  /  3 November 2016

    Print       Email
Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo menjelaskan, laporan intelijen sebut ada potensi kerusuhan berbau SARA sehingga meminta warga Pati tidak terprovokasi. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo menjelaskan, laporan intelijen sebut ada potensi kerusuhan berbau SARA sehingga meminta warga Pati tidak terprovokasi. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Laporan intelijen menyebutkan ada potensi kerusuhan yang dipicu sentimen suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) yang sengaja dihembuskan pihak tak bertanggung jawab dalam aksi unjuk rasa 4 November, besok. Hal itu disampaikan Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo, Kamis (03/11/2016).

Aparat keamanan menetapkan status siaga satu untuk menghadapi gelombang unjuk rasa tersebut. Karena itu, langkah antisipatif harus dilakukan, termasuk menghadapi unjuk rasa di Pati besok, supaya keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

“Aksi semacam ini rawan disusupi pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan keresahan dan instabilitas. Maka dari itu, kami mengajak para ormas keagamaan dan kelompok-kelompok masyarakat yang ada di Pati untuk menghindari segala tindakan yang berpontensi mengoyak NKRI terkait dengan aksi unjuk rasa besok,” imbau Ari Wibowo.

Dia juga mengapresiasi dari sejumlah ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat di Pati yang dengan lantang menyerukan untuk mengedepankan toleransi dan manjauhkan diri dari tindakan anarkis yang bersifat memaksakan kehendak. Sebab, perilaku tersebut mengancam keberlangsungan NKRI.

“Dalam menjaga keutuhan NKRI adalah tanggung jawab kita semua di mana Polri dan TNI berada di garis depan dalam menghadapi ancaman dari dalam maupun luar. Kami mengimbau kepada semua warga Pati untuk tetap menciptakan suasana sejuk, kedepankan sikap kekeluargaan dan kebersamaan, bukan sikap saling curiga, apalagi saling bermusuhan,” tandasnya.

Rencananya, sebanyak 625 pasukan keamanan dari lintas sektoral akan disiagakan untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan warga yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) dari Kantor Yaumi Fatimah menuju Alun-alun Pati, Jumat (04/11/2016) besok. Mereka diminta untuk menyuarakan hak kebebasan berpendapat yang sesuai dengan aturan, tertib, dan damai.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →