Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pelaku UMKM Itu Dituntut untuk Bisa Lakukan Ini Agar Makin Dikenal



Reporter:    /  @ 11:05:44  /  3 November 2016

    Print       Email
Caption Bupati Kudus H Musthofa melihat aneka produk kerajinan yang dihasilkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Jawa Tengah ini. (Istimewa)

Bupati Kudus H Musthofa melihat aneka produk kerajinan yang dihasilkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Jawa Tengah ini. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Kudus, diminta untuk bisa melakukan kegiatan kreatif, demi memperkenalkan produk-produk mereka.

Salah satu yang ditekankan adalah pelaku UMKM diharapkan bisa mengikuti pameran yang sering diadakan berbagai dinas atau instansi. ”Memamerkan hasil produk sebuah UMKM, sama dengan melakukan promosi yang bisa dilihat secara luas oleh masyarakat,” kata Bupati Kudus H Musthofa.

Banyak sekali jenis UMKM yang ada di Jawa Tengah, termasuk di Kudus ini. Dari mulai produk pakaian, kerajinan, bahkan hingga makanan khas masing-masing daerah.

Bupati yang juga sebagai pembina Forum UMKM Jawa Tengah (Jateng) ini mengatakan, pemerintah daerah tentunya akan mendukung kepada seluruh pelaku UMKM, untuk mengikuti setiap pameran yang ada. ”Sehingga kami minta semua pelaku UMKM agar tetap semangat dalam memamerkan dan memasarkan berbagai hasil kreativitasnya,” tegasnya.

Forum UMKM Jawa Tengah senidri dibentuk untuk menjadi nilai lebih bagi para pelaku usaha. Karena mereka bisa terhubung dalam sebuah jaringan bisnis hingga di seluruh Jawa Tengah.

”Sehingga akan dengan mudah memasarkan produknya dengan sesama anggota forum di kabupaten atau kota lain. Namun, dari semua itu, yang tidak kalah pentingnya adalah pengusaha itu harus jujur dan menjaga integritas,” pesannya.

Kejujuran, menurut bupati, merupakan modal penting dalam berbisnis. Karena kepercayaan bisa diperoleh dengan kejujuran yang diberikan. Selain itu, anggota forum ini diminta menjaga hubungan baik dengan semua pihak. Baik itu pemerintah daerah melaui dinas terkait.

”Maupun dengan pihak lain yang turut memiliki peran dalam pengembangan bisnisnya. Selalu saya sampaikan, bahwa para pelaku UMKM ini harus terus berinovasi dan berkreasi,” jelasnya.

Ditambahkan bupati, para pelaku UMKM juga harus terus menjaga kekompakan, dalam upaya mengembangkan usaha dan peningkatan produktivitas ini. ”Sehingga kita semua akan bisa maju bersama-sama, dan produk yang ada akan bisa dikenal masyarakat luas,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →