Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini Dia Sipintar yang Bikin Siswa di Kudus Tak Usah Bawa Buku



   /  @ 10:01:21  /  2 November 2016

    Print       Email
Bupati Kudus H Musthofa menjelaskan berbagai program kreatif yang sudah diprogramkannya untuk kesejahteraan masyarakat Kudus secara luas, termasuk bidang pendidikan.(Istimewa)

Bupati Kudus H Musthofa menjelaskan berbagai program kreatif yang sudah diprogramkannya untuk kesejahteraan masyarakat Kudus secara luas, termasuk bidang pendidikan.(Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Tahukah Anda bahwa ada yang namanya Sipintar di Kudus, yang bisa membuat siswa sekolah di wilayah ini makin pintar? Inilah yang sedang giat dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus untuk mendukung majunya dunia pendidikan di Kudus.

Bupati Kudus H Musthofa memang mencanangkan program aplikasi yang baru, yang dibangun dengan sebutan Sipintar atau Sistem Informasi Pendidikan Nusantara).

Dengan sistem ini, guru, siswa, dan para orang tua bisa berperan aktif dalam meningkatkan pendidikan di Kudus. Yang tujuannya untuk menyukseskan program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun.

”Kalau sekarang sedang ramai diperbincangkan soal fullday school, di Kudus akan saya canangkan belajar 24 jam. Maknanya, dengan aplikasi ini, siswa bisa belajar secara online. Kapan pun dan dimana pun. Sehingga tidak lagi perlu bawa buku, cukup pakai gadget,” jelasnya, di berbagai kesempatan diskusi ataupun seminar mengenai potensi Kabupaten Kudus.

Di sektor pendidikan, bupati memang telah mencanangkan program Wajar 12 Tahun. Artinya seluruh warga Kudus setidaknya harus lulus SMA atau sederajat.

Bahkan, inovasi ini kini didukung dengan pembebasan biaya di sekolah negeri dari SD hingga SMA/SMK. Termasuk pengembangan 14 SMK yang dibangun tanpa APBD.

”Sekolah tanpa APBD kami kerjasamakan dengan pihak swasta atau perusahaan. Sehingga sarpras, kurikulum, dan tenaga pengajarnya memiliki standar kualifikasi yang relevan dengan dunia kerja,” katanya.

Kepala daerah memang dituntut untuk terus berinovasi. Adanya berbagai gagasan kreatif, akan sangat bermanfaat dan sangat memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat. Implementasi nyata terus dinantikan seluruh masyarakat di negeri ini.

Bupati mengatakan, ada empat sektor yang sudah dikembangkan dengan inovasi yang dilakukannya. Yaitu sektor pendidikan, sektor ekonomi, sektor sosial, dan sektor pelayanan publik. Selain itu, ada bagian lain yang sedang dikembangkan yaitu konsep cyber city.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →