Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Tanggul Sungai Wulan di Medini Ambles, Banjir Ancam Undaan Kudus



Reporter:    /  @ 01:00:13  /  2 November 2016

    Print       Email

 

 Camat Undaan Catur Widiyatno saat meninjau lokasi tanggul yang ambles di Desa Medini, Undaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)


Camat Undaan Catur Widiyatno saat meninjau lokasi tanggul yang ambles di Desa Medini, Undaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Tanggul yang terdapat di Undaan, tepatnya di bantaran Desa Medini di bagian kanan mengalami ambles. Kondisi demikian jika tak segera tertangani bisa berpotensi banjir.

Camat Undaan Catur Widiyatno, mengatakan tanggul tersebut  ambles di bagian kanan. Tanggul yang ambles itu praktis akan mengurangi kekuatan tampungan air.  Sehingga berisiko terjadinya banjir saat limpasan sungai Wulan datang.

“Apalagi ini masih musim hujan, sehingga kesiagaan harus dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Panjang tanggul yang ambles sekitar 200 meter dengan lebar sekitar 6 meter. Bagian yang ambles, di ujung gang 3 sekitar 75 meter, serta di gang 14, gang15 dan gang 16, masing- masing sekitar 50 meter.

Selain itu, bangunan tanggul juga merekah. Bila debit air Sungai Wulan mencapai 800 meter kubik per detik, maka hampir dipastikan air akan mengarah ke permukiman.

“Kami khawatir, lantaran Sungai Wulan pernah menggenangi kawasan permukiman tersebut,” ujarnya

Untuk itu, pemantauan terkait hal itu terus dilakukan, agar jika terjadi hal yang tak diharapkan. Di antaranya dengan peningkatan komunikasi antarwarga.

Sejauh ini, koordinasi dengan sejumlah pihak mulai dari tingkat kabupaten hingga Bakorwil I Pati sudah dilakukan.  Tapi memang sampai sekarang belum ada penanganan.

Pihaknya berharap, tanggul dapat segera diatasi. Sehingga warga bisa lebih tenang. Kalau bisa, tambahnya, penanganan dapat segera dilakukan agar saat hujan deras, limpasan air tidak membanjiri permukiman.

Sarana pengairan tersebut sudah pernah diperbaiki pada 2008 lalu. Setelah itu, tidak ada peninggian lagi pada penahan debit Sungai Wulan di Desa Medini. Sedangakn jarak tanggul dengan Sungai Wulan mencapai 400 meter. Sedangkan jarak tanggul dengan Jalan Kudus-Purwodadi sekitar 600 meter.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →