Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ini yang Melatarbelakangi Winarto Bikin Agrowisata Belimbing



Reporter:    /  @ 19:30:33  /  1 November 2016

    Print       Email
Lokasi Agro Wisata di Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo yang dipenuhi pohon belimbing. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Lokasi Agro Wisata di Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo yang dipenuhi pohon belimbing. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Ada beberapa hal yang melatarbelakangi Winarto membuat sebuah agrowisata tersebut. Antara lain, dia terinspirasi dari banyaknya agrowisata buah di tempat kelahirannya, Bojonegoro.

Alasan lainnya, banyaknya orang dari luar daerah yang selama ini berkunjung ke desanya. Tepatnya, orang yang berziarah di Makam Ki Ageng Tarub dan petilasan Bondan Kejawen.

“Dengan melihat potensi ini saya punya ide untuk membuat sebuah kebun buah. Sasaran utama pengunjung kebun adalah para peziarah di Makam Ki Ageng Tarub yang kebetulan jaraknya cukup dekat dari sini,” kata pria 43 tahun itu.

Setelah belimbing itu berbuah, pengunjung mulai datang ke sana. Selain peziarah, banyak pelajar yang ke sana setelah pulang sekolah. Lambat laun, pengunjung yang datang terus bertambah.

Setiap hari, rata-rata ada 50 pengunjung yang datang. Kalau hari Minggu atau libur, jumlah pengunjung bisa naik tiga kali lipat. Selain pengunjung biasa, lokasi tersebut sudah beberapa kali digunakan untuk pengambilan foto prewedding.

Di areal kebun, pengunjung bisa memetik langsung buah belimbing di situ. Pengunjung bisa menikmati belimbing sambil duduk santai di gubug yang tersedia di kawasan tersebut. Untuk membeli belimbing di situ harganya Rp 13.000 per kilo.

‘’Di lokasi kebun, pengunjung juga bisa membeli bibit belimbing. Jika diperlukan, saya akan ajari cara tanam dan penanganan hamanya. Hasil penjualan belimbing, sebagian saya gunakan untuk melakukan inovasi dan ditabung untuk memperluas lahan,’’ ujar Winarto.

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah membuat okulasi tiga jenis belimbing itu dalam satu pohon dan sudah berhasil. Saat ini ada beberapa pohon belimbing yang punya tiga rasa.

Di samping itu, Winarto juga menyediakan sarana wifi gratis bagi pengunjung kebunnya. Adanya layanan internet menjadikan pengunjung makin bertah di situ. Satu prasarana lagi juga disediakan, yakni sebuah warung kecil tepat di tengah kebun.

Warung ini untuk menyediakan aneka minuman, termasuk membuat jus belimbing buat pengunjung yang menginginkan. Di tempat ini, juga sediakan berbagai jenis buah lainnya buat pengunjung yang ingin makan rujak.

“Saat ini saya sedang menyiapkan kebun lagi tetapi tanamannya bukan belimbing. Rencananya, akan ditanami papaya California dan Jambu,” imbuhnya.

Baca juga :Mengenal Winarto, Tamatan Madrasah Ibtidaiyah yang Sukses Bikin Agrowisata di Grobogan

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →