Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kue Dumbek Ternyata Merupakan Simbol Kesuburan



Reporter:    /  @ 14:05:27  /  1 November 2016

    Print       Email
Kue Dumbek. Kue ini disebut merupakan simbol dari kesuburan wilayah. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Kue Dumbek. Kue ini disebut merupakan simbol dari kesuburan wilayah. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Bagi masyarakat Rembang, kue Dumbek sudah tak asing lagi, karena kue ini merupakan khas Rembang. Makanan yang berbentuk lonjong tebuat dari tepung, gula aren dan dibungkus dengan daun lontar ini ternyata merupakan simbol kesuburan.

Edi Winarno, Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Rembang mengatakan, Dumbek sudah ada sejak nenek moyang dulu yang bentuknya seperti lingga atau alat kelamin pria. “Selain Dumbek sebenarnya ada satu lagi pasangannya yakni jadah genduk, yang bentuknya seperti yoni atau alat vital perempuan. Keduanya ini merupakan simbol dari kesuburan sebuah wilayah,” ujarnya.

Dirinya juga menyatakan, jika makanan tersebut konon cerita banyak filosofinya. Mulai lontar sebagai pembungkusnya, menandakan adanya sifat tawadhuk dengan sang kholik.Ibarat daun lontar selalu menunduk tumbuhnya. Bentuknya juga unik, seperti tangga dari putaran kecil sampai besar. Ini ibarat, hidup harus berusaha dari hal kecil sampai besar.

Lebih lanjut Edi berharap, makanan khas Rembang ini dapat dilestarikan dan tetap ada. Sehingga, makanan ini bisa dikenal luas oleh masyarakat luas, dan bisa menjadi oleh-oleh khas Rembang. Wisatawan yang berkunjung ke Rembang pun diharapkan bisa mencicipi makanan khas ini.

“Generasi muda diharapkan juga peduli dengan hal seperti ini, karena ini merupakan salah satu kekayaan makanan khas Rembang. Di samping itu, juga filosofi yang dapat dipelajari dari keberadaan makanan tersebut,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →