Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Bupati Grobogan Minta Petani Tingkatkan Hasil Panen



Reporter:    /  @ 07:10:54  /  1 November 2016

    Print       Email
Bupati Sri Sumarni mencoba menyalakan traktor roda empat yang akan diserahkan pada petani, Senin (31/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Bupati Sri Sumarni mencoba menyalakan traktor roda empat yang akan diserahkan pada petani, Senin (31/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Para petani diminta untuk membantu program pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan nasional. Caranya, dengan berupaya untuk terus meningkatkan produksi atau hasil panen. Hal itu disampaikan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menyerahkan bantuan peralatan pertanian pada petani di Kantor Dinas Pertanian TPH, Senin (31/10/2016).

Menurutnya, pada tahun 2015 Grobogan dapat prestasi juara nasional dalam bidang upaya khusus ketahanan pangan. Atas prestasi ini, para petani mendapatkan banyak bantuan peralatan pertanian dari Kementerian Pertanian agar hasil panen bisa terus ditingkatkan. Seperti hand tractor, traktor roda empat, pompa air, sprayer, dan mesin tanam padi.

“Selain itu, bantuan pembuatan sarana dan prasarana pertanian juga banyak kita dapat. Antara lain, pembangunan jaringan irigasi maupun jalan usaha pertanian,” ungkap Sri.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning dan Kepala Dinas Pertanian TPH Edhie Sudaryanto.  Sri menyatakan, adanya bantuan peralatan tersebut akan mempercepat pengolahan tanah buat persiapan musim tanam. Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk persiapan bisa lebih singkat dibandingkan dengan memakai alat pengolah sawah saat ini.

“Saya harapkan dengan adanya bantuan peralatan ini, secara tidak langsung bisa meningkatkan produksi hasil pertanian. Tolong bantuan peralatan ini dimanfaatkan dan dirawat dengan baik. Khusus bantuan traktor, jangan ditinggal di sawah karena rawan pencurian,” pesannya.

Ditambahkan, selama ini, ada bebera komoditas pertanian yang jadi andalan. Yakni, padi, jagung dan kedelai. Khusus untuk komoditas jagung, hasil produksinya paling tinggi di Indonesia.

Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Dipertan TPH Grobogan Tri Retno Indriati menambahkan, bantuan peralatan yang disalurkan pada petani ini berasal dari Kementerian Pertanian RI. Wujudnya berupa, 153 unit pompa air, 103 hand traktor, 4 traktor roda empat, dan 289 sprayer.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →