Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ratusan Ribu Warga Pati yang Belum Punya E-KTP Terancam Dicoret dari DPT



Reporter:    /  @ 08:45:12  /  1 November 2016

    Print       Email
Komisioner KPU Pati menggelar rapat pleno terbuka terkait dengan daftar pemilih sementara (DPS) di Aula KPU Pati, Senin (31/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Komisioner KPU Pati menggelar rapat pleno terbuka terkait dengan daftar pemilih sementara (DPS) di Aula KPU Pati, Senin (31/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mendata, sebanyak 138.399 warga Pati yang merupakan pemilih potensial belum memiliki e-KTP. Padahal, syarat untuk menggunakan hak pilih pada pilkada yang berlangsung 15 Februari 2017 harus memiliki e-KTP.

Akibatnya, ratusan ribu warga Pati yang belum memiliki e-KTP tersebut terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya dan dicoret dari daftar pemilih tetap (DPT). Namun, KPU Pati masih memberikan kesempatan kepada warga Pati yang belum memiliki e-KTP untuk segera mengurusnya agar bisa menggunakan hak pilih.

“Kami memberikan kesempatan kepada warga Pati yang belum memiliki e-KTP bisa segera mengurus maksimal 2 Desember 2016. Kalau tidak, terpaksa dicoret dari DPT karena sudah menjadi aturan dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2016,” kata Komisioner KPU Pati Ahmad Jukari.

Bila e-KTP memang belum jadi, kata Jukari, mereka bisa menggunakan surat keterangan (SK) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pati sebagai bukti sudah mengikuti proses perekaman. Karena itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Pati.

“Kami tidak ingin pemilih potensial tidak bisa menggunakan haknya karena belum memiliki e-KTP. Karena itu, kami akan melakukan sosialisasi kepada pemilih potensial agar mengetahui peraturan tersebut, sehingga tetap bisa menggunakan hak pilihnya,” tutur Jukari.

Selain sosialisasi, pihaknya akan melayangkan surat kepada warga yang tidak memiliki e-KTP atau surat keterangan dari Disdukcapil. Pemasangan pengumuman di semua tempat juga akan diupayakan agar mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

Saat ini, KPU sudah mengantongi 1.050.081 warga Pati yang masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS). Bila 138.399 warga yang saat ini belum punya e-KTP sudah memiliki e-KTP, setidaknya SK dari Disdukcapil, jumlah DPT di Pati diperkirakan mencapai 1.188.480 orang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →