Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pejabat Pemkab Kudus Dilatih Lakukan Pertolongan Pertama



Reporter:    /  @ 11:16:18  /  31 Oktober 2016

    Print       Email
latihan

Salah seorang petugas dari Pemkab Kudus melakukan kegiatan Pertolongan Pertama di RS dr Loekmono Hadi, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pejabat SKPD di lingkungan Pemkab Kudus, diajari cara melakukan Pertolongan Pertama (PP). Latihan keselamatan tersebut diberikan guna memberikan pemahaman kepada pejabat untuk membantu jikalau

dibutuhkan setiap saat.

Pemberian pelatihan diberikan oleh pihak RSUD Dr Loekmono hadi Kudus. Kegiatan dilakukan di depan Pendapa Kudus, Senin (31/10/2016) pagi hari usai apel pagi.

Direktur RSUD Dr Loekmono Hadi dokter Aziz Achyar mengatakan, pemberian bantuan sebenarnya sangat mudah diberikan oleh orang awam, termasuk juga masyarakat umum serta kalangan pejabat. Untuk itulah latihan itu
dilakukan.

“Seperti halnya cara mengatasi jika ada yang terkena serangan jantung dan juga pemberian nafas buatan. Meski tergolong banyak yang tahu, namun kebanyakan masyarakat masih belum banyak yang tahu caranya,” katanya kepada
MuriaNewsCom.

Untuk itu dalam praktik pertolongan tersebut dilakukan cara menolongnya. Dimulai dari membangunkan, melihat denyut nadinya, memberikan pompa pada jantung hingga nafas buatan dan kembali memeriksa denyut nadi.

Tak hanya soal PP, cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) juga diberikan pembinaan. Risiko kebakaran yang tinggi juga membuat masyarakat umum termasuk SKPD dituntut mampu menguasainya.

“Sama juga, Apar juga dapat dikuasai oleh masyarakat umum. Penggunaannya juga mudah sehingga mampu digunakan saat terjadi kebakaran,” ungkapnya.

Pelatihan yabg dilakukan, kata dia, juga diberikan kepada keluarga pasien. Mulai dengan cara mencuci tangan yang bersih dan benar hingga cara memberikan pertolongan pertama

“Ini juga termasuk dalam rangka peningkatan kualitas layanan. Jadi kami berikan kepada seluruh keluarga pasien yang di RSUD,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →