Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kisah Rahma, Bocah dengan Satu Kaki Asal Sidomulyo Pati yang Gigih Hadapi Kerasnya Hidup



Reporter:    /  @ 11:10:29  /  31 Oktober 2016

    Print       Email
Rahma (tengah) bersama neneknya dan seorang anggota TNI yang peduli dengannya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Rahma (tengah) bersama neneknya dan seorang anggota TNI yang peduli dengannya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Di Dukuh Pojok, Desa Sidomulyo, Kecamatan Jakenan, Pati, hidup seorang bocah berusia enam tahun, bernama Rahmawati. Rahma sejak lahir hidup dalam keterbatasan fisik, yakni hanya memiliki satu kaki.

Rahma tinggal di rumah sederhana bersama kakek dan neneknya yang sudah berusia renta. Warni, nenek Rahma sudah berusia 65 tahun, sedangkan Saryo, kakek Rahma sudah berusia 85 tahun.

Untuk bertahan hidup, kakek dan nenek Rahma yang sudah dianggap sebagai orang tuanya sendiri bekerja serabutan. Warni yang sudah tua masih giat bekerja sebagai kuli tandur, sedangkan Saryo memelihara dua ekor kambing.

Keduanya begitu tabah merawat Rahma. Justru dengan cucunya yang mengalami disabilitas sejak lahir itu, kakek dan neneknya selalu punya semangat bertahan hidup untuk merawat Rahma.

Rahma sendiri diakui anak yang cerdas. Meski cacat fisik, Rahma tidak minder ketika bermain dengan teman-temannya. Saat ini, Rahma duduk di bangku kelas 1 SD Negeri Sidomulyo 03 Jakenan.

“Nalarnya seperti orang tua. Selama TK, uang saku Rahma Rp 4 ribu. Ternyata uang itu disisihkan Rp 2 ribu setiap hari. Dalam setahun, tiba-tiba punya tabungan Rp 800 ribu. Dalam hati, saya menangis,” ungkap Warni.

Untuk berangkat sekolah, Warni selalu mengantar dan menungguinya, lantaran jaraknya sekolahnya cukup jauh. Sembari menunggu cucunya, Warni terkadang membantu menyapu halaman sekolah hingga diangkat menjadi tukang kebun.

Lantaran iba, sejumlah masyarakat yang peduli memberikan bantuan kepada Rahma. Dua tahun yang lalu, misalnya. Rahma mendapatkan bantuan berupa tongkat untuk berjalan. Dia berharap, Rahma bisa meraih cita-citanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →