Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Bupati Tak Ingin TPQ di Rembang Tutup Gara-gara Full Day School



Reporter:    /  @ 08:30:52  /  30 Oktober 2016

    Print       Email
Bupati Rembang Abdul Hafidz foto bersama dengan murid-murid salah satu taman pendidikan quran (TPQ). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Bupati Rembang Abdul Hafidz foto bersama dengan murid-murid salah satu taman pendidikan quran (TPQ). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Bupati Rembang Abdul Hafidz kembali menegaskan jika dirinya tak ingin madrasah diniyah dan taman pendidikan quran (TPQ) yang ada di wilayahnya tutup gara-gara full day school, jika memang benar-benar diberlakukan nanti.

Terkait hal itu, pihaknya katanya, telah mengirim surat ke pemerintah pusat agar rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi untuk menerapkan kebijakan full day school ditinjau kembali dan tidak diberlakukan, khususnya untuk wilayah seperti Rembang. Sebab, hal itu dinilai justru berdampak terhadap dunia pendidikan yang ada di Rembang, khususnya madrasah diniyah dan TPQ.

Menurutnya banyak kerugian jika program tersebut diterapkan terutama di wilayah kabupaten Rembang. Sebab, di Rembang ada ribuan madrasah diniyah, takmiliyah dan TPQ. Di mana dunia pendidikan tersebut berjalan pada waktu sore hari.

“Jika full day school diterapkan di Rembang, maka, madrasah di sini banyak yang kukut (tutup). Padahal perannya dalam mendidik anak di bidang agama sangat penting,” katanya.

Sebagai kepala daerah, dirinya tak ingin menentang kebijakan pemerintah pusat. Namun, dirinya hanya berharap full day school tidak menjadi kebijakan pemerintah secara nasional. Karena dinilai tidak cocok jika diterapkan di Rembang.

Sementara itu, Yusril, salah seorang guru TPQ mengatakan, sebenarnya pendidikan diniyah , TPQ itu sudah pas dijalankan seusai waktu sekolah formal. “Yakni sekitar pukul 14.00 WIB atau juga pukul 15.00 WIB. Sehingga pendidikan formal dan non formal jni juga bisa sama-sama berjalan,” tuturnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →